Langsung ke konten utama

Laporan KKG

 Contoh berikut adalah salah satu contoh laporan kegiatan KKG yang sangat bagus dan terencana, apakah hanya sekedar catata saja ataukah sekedar sebagai laporan tetapi hal tersebut membuat saya ingin menuangkannya di sini semoga bermanfaat :

LAPORAN KKG IV CIAWIGEBANG


Kata Pengantar

          Berkat rahmat, karunia dan hidayah Tuhan Yang Maha Esa, penyusunan Laporan Hasil Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Bermutu Gugus IV Ciawigebang dalam rangka persiapan pelaporan KKG Bermutu tahun kedua    yang di selenggarakan pada tanggal 11 November 2011 sampai dengan tanggal 27 Maret 2012  oleh Kelompok Kerja Guru Gugus IV Ciawigebang.
Laporan ini merupakan bentuk pertanggung jawaban kegiatan tersebut, yang diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu masukan penyusunan kebijakan pembinaan Kelompok Kerja Guru dalam melaksanakan  kegiatan Pengembangan keprofesian  yang merupakan strategi pelaksanaan pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya.
Pada kesempatan ini kami haturkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan laporan ini.
Besar harapan kami, kiranya laporan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua dalam rangka  mewujudkan guru yang profesional, bermartabat dan sejahtera.
Ciawigebang, 30 Maret 2012
Ketua KKG Gugus IV Ciawigebang
Erik Kasihanto, S.Pd.I

Daftar Isi

Kata pengantar          …………………………………………………………………….i
Daftar isi          …………………………………………………………………………….ii
Bab I Pendahuluan    …………………………………………………………………….1
  1. Latar belakang   ……………………………………………………………………….1
  2. Dasar hukum    ………………………………………………………………………..2
  3. Tujuan program  ………………………………………………………………………3
  4. Sasaran  ……………………………………………………………………………….4
  5. Materi pelatihan   ………………………………………………………………………6
  6. Hasil yang diharapkan, sasaran, dan sebagainya   ……………………………….7
Bab II Pelaksanaan Program   …………………………………………………………8
(Menginformasikan semua kegiatan dengan rencana kerja yang disepakati yang mencakup tempat, waktu, kegiatan, penggunaan dana, masalah, dan upaya pemecahan masalah).
Bab III Pelaksanaan Kegiatan …………………………………………………………..25
Berisikan laporan tentang :
  1. Hasil pelaksanaan kegiatan ………………………………………………………….25
  2. Pertanggungjawaban dana …………………………………………………………..26
Bab IV Rangkuman Hasil Evaluasi Mandiri    …………………………………………27
Bab V Kesimpulan Dan Rekomendasi    ……………………………………………….29
Lampiran-lampiran
  1. Daftar hadir peserta, pengarah, narasumber dan panitia.
  2. Materi atau hasil pertemuan.
  3. Dokumentasi/photo kegiatan
  4. Fotocopy dokumen pertanggung jawaban keuangan (asli disimpan dimasing-masing kelompok kerja).
  5. Copy/salinan hasil tagihan kelompok lengkap.
  6. Copy/salinan hasil tagihan individu (3 sample terbaik) lengkap.
  7. Hasil evaluasi mandiri oleh sekolah.
  8. Hasil evaluasi mandiri oleh KKG/FKKG
BAB I
PENDAHULUAN
  1. A.  Latar belakang
Undang-undang RI No.14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen mengamanatkan Guru untuk memiliki : (i) Kualifikasi akademik minimum S1/D-IV ; (ii) Kompetensi sebagai agen pembelajaran yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional; (iii) Sertifikat pendidik. Agar Guru dapat memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran sebagaimana yang diamanatkan pada Undang-undang tersebut di atas, maka Guru harus senantiasa meningkatkan kompetensinya secara terus menerus melalui berbagai upaya antara lain melalui pelatihan, kegiatan karya tulis ilmiah, pertemuan dikelompok kerja dan musyawarah kerja yang terdiri dari : Kelompok Kerja Guru (KKG), Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS).
Forum Kelompok Kerja atau Forum Musyawarah Kerja diharapkan dalam terbentuk pada masing-masing Kelompok Kerja dan Musyawarah Kerja, yang dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja KKG/MGMP, KKKS/MKKS, dan KKPS/MKPS melalui koordinasi dan jejaring antar Kelompok Kerja atau Musyawarah Kerja. Forum-forum tersebut dibentuk pada tingkat Kabupaten/Kota sebagai wadah koordinasi dan sinkronasi program kerja antar KKG/MGMP, KKKS/MKKS, dan KKPS/MKPS. Forum yang dapat dibentuk terdiri dari Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG), Forum Kelompok Kerja Kepala Sekolah (FKKKS), Forum Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (FKKPS), Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (FMGMP), dan Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (FMKKS).
Khusus untuk KKG, sampai saat ini KKG di gugus IV Ciawigebang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kompetensi dan kinerja guru. Disisi lain, FKKG dapat memfasilitasi dalam meningkatkan kinerja KKG.
Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh guru dalam menciptakan Kelompok Kerja Guru yang aktif dan efektif  atas adalah sebagai berikut :
  1. Manajemen KKG masih perlu ditingkatkan kualitasnya dalam upaya optimalisasi intensifikasi pembinaan kegiatan KKG.
  2. Program – program kegiatan KKG masih kurang sesuai dengan kebutuhan pengembangan profesionalitas guru.
  3. Dana pendukung operasional belum memadai dan kurang dimanfaatkan secara tepat.
Upaya untuk merevitalisasi KKG yang ada, dan membentuk FKKG agar kegiatan yang dilakukan di setiap KKG dapat memberikan kontribusi untuk menumbuh kembangkan budaya pembelajaran yang berpusat pada kebutuhan siswa dan kelas, sehingga berdampak pada peningkatan kualitas proses pembelajaran yang berujung pada peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh.
  1. B.       Dasar Hukum
    1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
    2. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
    3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
    4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2007 Tentang Pembagian Kewenangan Pusat dan Daerah,
    5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru;
    6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
    7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.
    8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Program Sarjana (S1) Kependidikan bagi Guru dalam jabatan.
    9. Peraturan Menteri Negara PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
    10. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
  1. C.       Tujuan
1. Umum
Kegiatan Program  BERMUTU Secara umum ini bertujuan untuk meningkatkan kualifikasi dan mengembangkan profesionalisme guru sebagai salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan melalui pemberdayaan kapasitas KKG.  
 2. Khusus
Tujuan khusunya adalah sebagai berikut:
  1. Memberdayakan KKG sebagai wadah bagi guru dalam meningkatkan kompetensinya, terutama kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional
  2. Memberikan kesempatan bagi anggota KKG untuk berbagi pengalaman serta memberikan bantuan dan umpan balik
  3. Meningkatkan kertrampilan dan pengetahuan, serta mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih profesional bagi anggota KKG
  4. Memberdayakan dan membantu anggota KKG dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di sekolah
  5. Mendorong guru untuk memiliki kemampuan menggunakan metode Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan        ( PAIKEM) di dalam kelas tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik.
  6. Membantu guru untuk perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat, peningkatan kualifikasi akademik guru dan persiapan guru dalam menghadapi proses sertifikasi
  7. Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan dan melaporkan PTK
  8. Meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan ICT dalam pembelajaran
  9. Bukti keikutsertaan guru dalam kegiatan yang berupa sertifikat atau piagam memiliki point yang dapat membantu guru dalam rangka mengikuti program PPKHB dan untuk pendukung Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
  10. D.       Sasaran
Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh guru kelas yang ada di KKG  Gugus IV Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan, sebanyak 48 orang guru. Adapun perinciannya adalah sebagai berikut :
1. Data guru berdasarkan tugas mengajar
No.
Nama Sekolah
Kelas dan Jumlah Guru
Jumlah
I
II
III
IV
V
VI
1.
SDN 1 Geresik
1
-
1
1
1
1
5
2.
SDN 2 Geresik
1
-
1
1
1
1
5
3.
SDN 3 Geresik
1
-
1
1
1
1
5
4.
SDN 1 Lebaksiuh
1
-
1
1
1
1
5
5.
SDN 2 Lebaksiuh
1
-
1
1
1
1
5
6.
SDN 1 Kramatmulya
1
1
1
1
1
1
6
7.
SDN 2 Kramatmulya
1
1
1
1
1
1
6
8.
SDN 1 Ciputat
1
-
1
2
2
1
5
9.
SDN 3 Ciputat
1
1
1
1
1
1
6
Jumlah
9
3
10
10
10
9
48
2. Data guru berdasarkan kualifikasi akademik
No.
Nama Sekolah
Kualifikasi akademik
Jumlah
SPG D2 D3 D4/S1
1.
SDN 1 Geresik
-
3
-
2
5
2.
SDN 2 Geresik
-
-
1
5
6
3.
SDN 3 Geresik
-
2
1
2
5
4.
SDN 1 Lebaksiuh
-
1
1
3
4
5.
SDN 2 Lebaksiuh
-
4
-
1
5
6.
SDN 1 Kramatmulya
-
5
-
1
6
7.
SDN 2 Kramatmulya
-
4
1
1
6
8.
SDN 1 Ciputat
-
4
-
1
5
9
SDN 3 Ciputat
-
3
-
2
5
                Jumlah
-
26
4
18
48
3. Data guru berdasarkan golongan/ ruang
No
Nama Sekolah
Golongan/ ruang
Jumlah
 Iia Iib IIc IId IIIa IIIb IIIc IIId IVa
1.
SDN 1 Geresik
-
-
-
-
-
-
-
1
3
4
2.
SDN 2 Geresik
2
-
-
-
-
-
1
-
3
4
3.
SDN 3 Geresik
-
1
-
-
-
-
-
-
1
2
4.
SDN 1 Lebaksiuh
-
-
-
1
-
-
1
-
3
5
5.
SDN 2 Lebaksiuh
-
-
-
-
-
-
1
1
3
5
6.
SDN 1 Kramatmulya
-
1
1
-
-
-
1
-
1
4
7.
SDN 2 Kramatmulya
1
-
-
-
-
-
-
-
1
2
8.
SDN 1 Ciputat
2
-
-
-
1
-
-
-
3
6
9.
SDN 3 Ciputat
-
1
-
-
-
-
1
-
2
4
Jumlah
5 3 1 1 1 - 5 2 20
38

  1. E.       Materi Kegiatan
Frekuensi kegiatan pada tahun pelajaran 2010 – 2011, dilakukan setiap satu minggu dua kali setiap hari rabu dan sabtu. Kecuali pada kegiatan-kegiatan tertentu, frekuensi kegiatan disesuaikan dengan kebutuhan.
Jadi frekuensi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh KKG  Gugus IV Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang dalam satu tahun terakhir adal 16 kali kegiatan/pertemuan. Berikut adalah rekap pelaksanaan kegiatan pada tahun 2011 – 2012.
NO
HARI
TANGGAL
PERTEMUAN
MATERI
PEMATERI
1
Sabtu
11-11-2011
IN-SERVIS
Kebijakan Disdik Kab Kadisdikpora
2
Kamis
17-11-2011
1
Penilaian Kinerja Guru ( PKG) Irsan Fajar, S.Pd.


3
Kamis
24-11-2011
2
Penilaian Kinerja Guru ( PKG) Irsan Fajar, S.Pd.


4
Sabtu
03-12-2011
3
Pengembangan Keprofesian Pemandu
Berkelanjutan ( PKB )
5
Sabtu
17-12-2011
4
Program Indukasi Guru Irsan Fajar, S.Pd.
Pemula (PIGP)
6
Sabtu
07-01-2012
5
Silabus Dan RPP Kusnadi, S.Pd.M.Pd


7
Kamis
12-01-2012
6
Information Comunication Pemandu
Tekhnologi (ICT 1)
8
Sabtu
14-01-2012
7
Information Comunication Pemandu
Tekhnologi (ICT 1)
9
Kamis
19-01-2012
8 (On Service)
Observasi Kelas Pengurus/Pemandu


10
Sabtu
21-01-2012
9
Lesso Study Toto Sucipto, S.Pd.


11
Selasa
31-01-2012
10
Penyusunan Kisi-kisi Soal Kusnadi, S.Pd.M.Pd
Dan Bank Soal
12
Sabtu
04-02-2012
11
Kajian Kritis Toto Sucipto, S.Pd.


13
Kamis
09-02-2012
12
PTK 1 ( Perencanaan ) Kusnadi, S.Pd.M.Pd


14
Sabtu
11-02-2012
13
PTK 2 (Pelaksanaan Tindakan) Pemandu


15
Sabtu
18-02-2012
14
PTK 3 (Laporan) Kusnadi, S.Pd.M.Pd


16
Minggu
25-03-2012
15
Penyusunan Laporan LPMP


17
Selasa
27-03-2012
16
Penyusunan Laporan Pengurus/pemandu


  1. F.        Hasil yang diharapkan
Diharapkan setelah melaksanakan kegiatan peserta/anggota kelompok kerja guru dapat :
  1. Meningkatkan kinerja dan peran KKG dalam meningkatkan kompetensi anggotanya.
  2. Tersedianya kesempatan bagi anggota KKG untuk saling tukar pengalaman dan saling memberi umpan balik.
  3. Terwujudnya perubahan prilaku anggota KKG dalam meningkatkan pengetahuan, kompetensi, dan kinerja.
  4. Terwujudnya pemberdayaan anggota KKG dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di sekolah.
  5. Terwujudnya peningkatan mutu proses pembelajaran dan mutu pendidikan yang tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik yang ditandai dengan :
  1. Peserta didik belajar dengan aktif, inovatif, kreatif, efektif, bermakna, dan menyenangkan;
  2. Guru menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan bahan ajar dan perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik;
  3. Hasil evaluasi belajar peserta didik meningkat dan sesuai dengan target;
  4. Ketuntasan belajar dan nilai yang disepakati oleh sekolah;
  5. Guru memberi tugas dan umpan balik;
  6. Hasil karya peserta didik dan pemanfaatan lingkungan yang digunakan sebagai sumber belajar.
  1. Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan dan melaporkan PTK.
  2. Mahir dalam penggunaan ICT dalam pembelajaran.






BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM

  1. A.       Dasar kerja
Kegiatan Kelompok Kerja Guru Gugus IV Ciawigebang  ini dilaksanakan berdasarkan Surat Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Barat Nomor 4238/J.29/LL/2011, tanggal 02 Oktober  2011 tentang Nota kesepakatan (MoU).
  1. B.       Waktu Dan Tempat
Kegiatan ini diselenggarakan selama 16 kali pertemuan, mulai tanggal 11 November 2011 sd 27 Maret  2012  bertempat di SD Inti yaitu SD Negeri 1 Geresik UPTD Pendidikan Kecamatan Ciawigebang.
  1. C.       Skenario Kegiatan
Pertemuan
Pokok Bahasan
In-service
  1. Kebijakan Kementrian Pendidikan Nasional
  2. Kebijakan Kepala Dinas DISDIKPORA Kab. Kuningan
  3. Training Need Assesment



 
Pertemuan 1
  1. Selayang pandang tentang Permennegpan & RB No.16/2009
  2. Unsur dan Sub Unsur Kegiatan PK Guru


 
Pertemuan 2
  1. Prosedur Penilaian PK Guru
  2. Simulasi dan tanya jawab


 
Pertemuan 3
  1. Latar Belakang, Dasar Hukum dan Manfaat PKB
  2. Konsep dan implementasi PKB
  3. Monitoring dan pelaporan PKB




Pertemuan 4 Program Induksi Guru Pemula


Pertemuan 5 Silabus dan RPP


Pertemuan 6
  1. Mengenal Komputer
  2. Operasi Dasar Komputer
  3. Membuat Naskah Sederhana dengan Microsoft Word
  4. Membuat Naskah dengan Daftar dan Tabel
  5. Membuat Naskah berisi Rumus/Formula




Pertemuan
Pokok Bahasan
Pertemuan 7
  1. Membuat Lembar Kerja Sederhana dengan Microsoft Excel
  2. Membuat Slide Presentasi Sederhana
  3. Menggunakan Browser dan Mesin Pencari
  4. Berkomunikasi Menggunakan Yahoo!Mail





On- Service Kunjungan ke Sekolah SD Inti untuk melakukan observasi
Kelas


Pertemuan 9 PLAN: Penyusunan rencana pmbelajaran dan perangkatnya
DO: Pelaksanaan pembelajaran di kelas yang diobservasi    (open class/open lesson)
SEE: Diskusi Refleksi, (difokuskan pada aktivitas belajar siswa)


Pertemuan 10
  1. Analisis Kualitatif
  2. Analisis Kuantitatif
  3. Contoh Model Analisis



Pertemuan 11 1. Pengertian, Lingkup serta Kegunaan Analisis butir soal
dan Analisis Tes
2. Analisis Spesifikasi Soal dan Spesifikasi Tes
3. Analisis Karakteristik Soal dan Karakteristik Tes


Pertemuan 12
  1. Prinsip Kajian Kritis
  2. Aspek-aspek dalam kajian kritis
  3. Penelusuran Sumber Informasi
  4. Pelaksanaan Kajian Kritis





Pertemuan 13
  1. Menyiapkan perangkat yang diperlukan dalam kegiatan
  • open class, seperti RPP, LKS, media pembelajaran, lembar
Observasi
  1. Melaksanakan open class,
  2. Mengobservasi pembelajaran dengan menggunakan

instrumen lembar observasi pembelajaran
  1. Melaksanakan diskusi refleksi hasil observasi dalam open
class.


Pertemuan 14 Aspek-aspek yang dipelajari dalam penyusunan laporan
meliputi cara-cara mengorganisasikan pokok-pokok pikiran,
menyusun, dan menilai suatu laporan PTK


Pertemuan 15 Aspek-aspek yang dipelajari dalam penyusunan laporan

meliputi cara-cara mengorganisasikan pokok-pokok pikiran,

menyusun, dan menilai suatu laporan PTK
Pertemuan 16 Laporan penyusunan laporan kegiatan KKG bermutu


  1. D.       Jadwal Pelatihan

No.

Hari/Tanggal/Jam

Nama Materi

Narasumber

11-11-2011

In-Service

1

07.30 – 08.00

Kebijakan Disdik Kab. Kuningan

Kadisdikpora

2

08.00 – 09.30

Kebijakan Disdik Kab. Kuningan

Kab. Kuningan

3

09.30 – 11.00

Kebijakan Disdik Kab. Kuningan

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Rencana Kerja Berbasis TNA

LPMP

6

14.00 – 14.45

Rencana Kerja Berbasis TNA

7

14.45 – 16.15

Rencana Kerja Berbasis TNA

8

16.15 – 18.00

Rencana Kerja Berbasis TNA

9

19.30 – 21.15

Konsep PKB dan PKG

Pemandu

17-11-2011

Pertemuan 1 (PK Guru)

1

07.30 – 08.00

Latar Belakang PKG

Irsan Fajar, S.Pd.

2

08.00 – 09.30

Latar Belakang PKG

3

09.30 – 11.00

Konsep PKG

4

11.00 – 12.30

Istirahat

Pemandu

5

12.30 – 14.00

Konsep PKG

6

14.00 – 14.45

Prosedur PKG

Pemandu

7

14.45 – 16.15

Prosedur PKG

Irsan Fajar, S.Pd

8

16.15 – 18.00

Prosedur PKG

9

19.30 – 21.15

Prosedur PKG

24-11-2011

Pertemuan 2 (PK Guru)

1

07.30 – 08.00

konversi hasil PKG

Irsan Fajar, S.Pd.

2

08.00 – 09.30

Tugas dan tanggung jawab

3

09.30 – 11.00

Tugas dan tanggung jawab

4

11.00 – 12.30

Istirahat

Pemandu

5

12.30 – 14.00

Penjaminan Mutu PKG

6

14.00 – 14.45

Penjaminan Mutu PKG

Pemandu

7

14.45 – 16.15

Monitoring PKG

Irsan Fajar, S.Pd

8

16.15 – 18.00

Evaluasi PKG

9

19.30 – 21.15

Evaluasi PKG

No.

Hari/Tanggal/Jam

Nama Materi

Narasumber

03-12-2011

Pertemuan 3 (PKB)

1

07.30 – 08.00

Latar Belakang

Pemandu

2

08.00 – 09.30

Dasar hokum

3

09.30 – 11.00

Tujuan, Manfaat dan sasaran

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Konsep dan implementasi PKB

6

14.00 – 14.45

Konsep dan implementasi PKB

7

14.45 – 16.15

Konsep dan implementasi PKB

8

16.15 – 18.00

Monitoring dan Evaluasi

9

19.30 – 21.15

Pelaporan PKB

17-12-2011

Pertemuan 4 (PIGP)

1

07.30 – 08.00

Pengertian PIGP

Irsan Fajar, S.Pd.

2

08.00 – 09.30

Dasar Hukum PIGP

3

09.30 – 11.00

Tujuan dan Manfaat PIGP

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Prinsip Program Induksi

6

14.00 – 14.45

Peserta Program Induksi

Pemandu

7

14.45 – 16.15

Hak dan kewajiban Guru Pemula

8

16.15 – 18.00

Pelaksanaan Program induksi

9

19.30 – 21.15

Penilaian pada Guru Pemula

07-01-2012

Pertemuan 5 (Silabus dan RPP)

1

07.30 – 08.00

Teknik Pengembangan Silabus dan Rancangan Penilaian

Hasil Belajar

Kusnadi, M.M.Pd.

2

08.00 – 09.30

Teknik Pengembangan Silabus dan Rancangan Penilaian

Hasil Belajar

3

09.30 – 11.00

Teknik Pengembangan Silabus dan Rancangan Penilaian

Hasil Belajar

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Teknik Pengembangan RPP

6

14.00 – 14.45

Teknik Pengembangan RPP

7

14.45 – 16.15

Teknik Pengembangan RPP

8

16.15 – 18.00

Teknik Pengembangan RPP

9

19.30 – 21.15

Teknik Pengembangan RPP

12-01-2012

Pertemuan 6 ( ICT 1 )

1

07.30 – 08.00

Pengenalan Komputer

Pemandu

2

08.00 – 09.30

Operasi dasar computer


3

09.30 – 11.00

Operasi dasar computer


4

11.00 – 12.30

Istirahat


5

12.30 – 14.00

Membuat naskah dengan MS.word Pemandu

6

14.00 – 14.45

Membuat naskah dengan MS.word

7

14.45 – 16.15

Membuat naskah dengan MS.word

8

16.15 – 18.00

Membuat daftar dan table

9

19.30 – 21.15

Membuat daftar dan table

No.

Hari/Tanggal/Jam

Nama Materi

Narasumber

14-01-2012

Pertemuan 7 ( ICT 2 )

1

07.30 – 08.00

Membuat worksheet dg MS .excel

Pemandu

2

08.00 – 09.30

Membuat worksheet dg MS .excel


3

09.30 – 11.00

Membuat slide presentasi


4

11.00 – 12.30

Istirahat


5

12.30 – 14.00

Membuat slide presentasi

Pemandu

6

14.00 – 14.45

Menggunakan browser


7

14.45 – 16.15

Menggunakan browser


8

16.15 – 18.00

Berkomunikasi dgn Yahoo/mail


9

19.30 – 21.15

Berkomunikasi dgn Yahoo/mail


19-01-2012

Pertemuan 8 (Observasi)

1

07.30 – 08.00

Persiapan Open class

Pemandu

2

08.00 – 09.30

Pelaksanaan Open class

Dan Pengurus

3

09.30 – 11.00

Pelaksanaan Open class

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Pelaporan

6

14.00 – 14.45

Pelaporan

7

14.45 – 16.15

Pelaporan

8

16.15 – 18.00

Pelaporan

9

19.30 – 21.15

Pelaporan

21-01-2012

Pertemuan 9 (lesson Study)

1

07.30 – 08.00

Pengertian Lesson Study

Toto Sucipto, S.Pd.

2

08.00 – 09.30

Perencanaan (Plan)

3

09.30 – 11.00

Perencanaan (Plan)

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Pelaksanaan (do)

Pemandu

6

14.00 – 14.45

Pelaksanaan (do)

7

14.45 – 16.15

Pelaksanaan (do)

8

16.15 – 18.00

Refleksi (see)

9

19.30 – 21.15

Refleksi (see)

31-01-2012

Pertemuan 10 (Analisis dan Bank Soal)

1

07.30- 08.00

Pengertian, Lingkup serta Kegunaan

Kusnadi,M M.Pd.

2

08.00 – 09.30

Analisis butir soal dan Analisis Tes


3

09.30 – 11.00

Analisis Spesifikasi Soal


4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Analisis Spesifikasi Tes


6

14.00 – 14.45

Analisis Spesifikasi Tes

Pemandu

7

14.45 – 16.15

Analisis Karakteristik Soal


8

16.15 – 18.00

Analisis Karakteristik Tes

9

19.30 – 21.15

Analisis Karakteristik Tes

No.

Hari/Tanggal/Jam

Nama Materi

Narasumber

04-02-2012

Pertemuan 11 (Kajian Kritis)

1

07.30 – 08.00

Pengertian Kajian Kritis

Toto Sucipto, S.Pd.

2

08.00 – 09.30

Tujuan Kajian Kritis

3

09.30 – 11.00

Manafaat Kajian Kritis

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Kajian kritis teoritis

Pemandu

6

14.00 – 14.45

Kajian kritis Praktis

7

14.45 – 16.15

Penulisan Kajian Kritis

8

16.15 – 18.00

Pemanfaatan Kajian Kritis

9

19.30 – 21.15

Pemanfaatan Kajian Kritis

09-02-2012

Pertemuan 12 (PTK 1 Perencanaan)

1

07.30 – 08.00

menyusun rencana tindakan

perbaikan pembelajaran.

Kusnadi, M.MPd.

2

08.00 – 09.30

3

09.30 – 11.00

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

menyusun perangkat untuk

perbaikan pembelajaran.

6

14.00 – 14.45

7

14.45 – 16.15

8

16.15 – 18.00

menetapkan istrumen untuk

pengumpulan data.

9

19.30 – 21.15

11-02-2012

Pertemuan 13(PTK 2 Pelaksanaan)

1

07.30 – 08.00

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana tindakan yang dikembangkan pada kegiatan perencanaan.

Pemandu

2

08.00 – 09.30

Melaksanakan observasi pembelajaran dalam

bentuk open class dengan menggunakan lembar observasi.

3

09.30 – 11.00

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Mengumpulkan data tentang hasil pelaksanaan dengan menggunakan instrumen yang sesuai.

6

14.00 – 14.45

Melakukan diskusi refleksi berdasarkan hasil observasi pembelajaran.

7

14.45 – 16.15

8

16.15 – 18.00

Menulis komentar pembelajaran berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran.

9

19.30 – 21.15


No.

Hari/Tanggal/Jam

Nama Materi

Narasumber

18-02-2012

Pertemuan 14 (PTK 3 Laporan )

1

07.30 – 08.00

Menuliskan abstrak penelitian. Menilai laporan PTK sesuai kriteria.

Kusnadi, M.MP.d

2

08.00 – 09.30

Menuliskan hasil penelitian sesuai sistematika/ komponen-komponen laporan PTK .

3

09.30 – 11.00

Menuliskan hasil penelitian sesuai sistematika/ komponen-komponen laporan PTK .

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Menilai laporan PTK sesuai kriteria.

6

14.00 – 14.45

Menilai laporan PTK sesuai kriteria.

7

14.45 – 16.15

Menilai laporan PTK sesuai kriteria.

8

16.15 – 18.00

Menilai laporan PTK sesuai kriteria.

9

19.30 – 21.15

Menilai laporan PTK sesuai kriteria.




  25-03-2012 Pertemuan 15  
1 07.30 – 08.00 Menuliskan abstrak penelitian. Pemandu

2

08.00 – 09.30

Menuliskan hasil penelitian sesuai.

3

09.30 – 11.00

sistematika/komponen-komponen laporan PTK

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Menilai laporan PTK sesuai Kriteria

6

14.00 – 14.45

Menilai laporan PTK sesuai Kriteria

7

14.45 – 16.15

Menilai laporan PTK sesuai Kriteria

8

16.15 – 18.00

Menilai laporan PTK sesuai Kriteria

9

19.30 – 21.15

Menilai laporan PTK sesuai Kriteria

27-03-2012

Pertemuan 16

1

07.30 – 08.00

Pengarahan Bim Tek Pelaporan

LPMP

2

08.00 – 09.30

Pengarahan Bim Tek Pelaporan

3

09.30 – 11.00

Pengarahan Bim Tek Pelaporan

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Penyusunan Laporan KKG

6

14.00 – 14.45

Penyusunan Laporan KKG

7

14.45 – 16.15

Penyusunan Laporan KKG

8

16.15 – 18.00

Penyusunan Laporan KKG

9

19.30 – 21.15

Penyusunan Laporan KKG









  1. E.       Pengarah, Narasumber, Peserta dan Panitia
    1. 1.    Pengarah
Pengarah untuk kegiatan Kelompok Kerja Guru Program Bermutu  tahun 2011 adalah :
1.1     Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuningan
1.2     Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Ciawigebang
1.3     Pengawas TK/SD Kecamatan Ciawigebang
1.4     Kepala SD Inti Gugus IV Ciawigebang
  1. 2.    Narasumber
Narasumber adalah unsur :
2.1     Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan
2.2     LPMP Jawa Barat
2.3     Guru Pemandu
2.4     Pengawas
2.5     DCT
  1. 3.    Peserta
Peserta kegiatan adalah yang terdaftar sebagai anggota kelompok kerja guru yang bersangkutan.
NO
NAMA
NIP
TUGAS MENGAJAR
1
Hj. SUKASIH,A.Ma.Pd. 19530206 197502 2 004 SDN 1 GERESIK
2
HERDYRESNA A.Ma.Pd. 19630704 198305 1 005 SDN 1 GERESIK
3
NUNUNG,S.Pd. 19680615 199003 2 004 SDN 1 GERESIK
4
IYAR, S.Pd. 19690321 199103 1 004 SDN 1 GERESIK
5
HARIS IRFANSYAH, S.Pd.
-
SDN 1 GERESIK
6
RUSANI, S.Pd.I 19540407 198308 1 001 SDN 2 GERESIK
7
ELI YULIANI, S.Pd. 19670112 199402 2 001 SDN 2 GERESIK
8
UTAY MUHTAR, S.Pd. 19640101 200711 1 014 SDN 2 GERESIK
9
ERIK KASIHANTO, S.Pd. 19841210 200801 1 003 SDN 2 GERESIK
10
WAWAN RIZWAN, S.Pd.                       - SDN 2 GERESIK
11
N.NURBAETI, A.Ma.Pd. 19611817 198201 1 004 SDN 3 GERESIK
12
ELIN MARLIANA, S.Pd.I 19681115 200801 2 009 SDN 3 GERESIK
13
A.JAHIR.M, S.Pd.I
-
SDN 3 GERESIK
14
ELI KUNTARI,
-
SDN 3 GERESIK
15
YESI FITRAIANI,
-
SDN 3 GERESIK
16
SUHARTI, A.Ma.Pd 19570323 197808 2 001 SDN 1 LEBAKSIUH
17
IKSAN, S.Pd 19620520 198603 1 014 SDN 1 LEBAKSIUH
18
ETI RUSWATI, S.Pd. 19700916 200012 2 001 SDN 1 LEBAKSIUH
19
KIKI SOBARI, S.Pd.
-
SDN 1 LEBAKSIUH
20
RAMDAN NURDIENSYAH, A.Ma.
-
SDN 1 LEBAKSIUH
21
SAHIDIN,A.Ma 19581023 198109 1 002 SDN 2LEBAKSIUH
22
H.JENAL,BA. 19630601 198305 1005 SDN 2 LEBAKSIUH
23
Hj.UPI SUPINAH, S.Pd 19640703 199402 2 003 SDN 2 LEBAKSIUH
24
ELIH HASANAH, S.Pd 19690330 199703 2 003 SDN 2 LEBAKSIUH
25
JUNED,A.Ma.Pd.
-
SDN 2 LEBAKSIUH
26
RUSMIATI, 19500923 197402 2 002 SDN 1 CIPUTAT
27
JUNAEDI, S.Ag. 19590123 198404 1 001 SDN 1 CIPUTAT
28
TITA RAHMAWATI, A.Ma.Pd. 19670728 200701 2 005 SDN 1 CIPUTAT
29
HARIS FADILLAH,
-
SDN 1 CIPUTAT
30
ELI SITI ALIYAH,
-
SDN 1 CIPUTAT
31
MUHTAROM, 19541212 198412 1 004 SDN 3 CIPUTAT
32
JUNIASIH, 19670307 199212 2 004 SDN 3 CIPUTAT
33
POPI INSANAWATI, A.Ma.Pd. 19820925 200801 1 006 SDN 3 CIPUTAT
34
SUSI SUSILAWATI, S.Pd.I
-
SDN 3 CIPUTAT
35
LISNA ALFIAH, S.Pd.
-
SDN 3 CIPUTAT
36
LARA PURNAWATI,
-
SDN 1 KRAMATMULYA
37
Hj II SUTUHAT, A.Ma.Pd. 19700525 200501 2 006 SDN 1 KRAMATMULYA
38
CASTI, A.Ma. 19730405 200801 2 007 SDN 1 KRAMATMULYA
39
RUSTANDI, S.Pd PTT 2121439 SDN 1 KRAMATMULYA
40
ONO DARSONO,
-
SDN 1 KRAMATMULYA
41
SAWINAH,
-
SDN 1 KRAMATMULYA
42
JUJU JUMIATI, A.Ma.
-
SDN 1 KRAMATMULYA
43
THOMAS BASMAN,BA. 19600923 197912 2 005 SDN 2 KRAMATMULYA
44
WAWAN, S.Pd. 19790823 200801 1 006 SDN 2 KRAMATMULYA
45
SATRIA, A.Ma.
-
SDN 2 KRAMATMULYA
46
DIDIN, A.Ma.
-
SDN 2 KRAMATMULYA
47
IYANAH HERNAYATI, A.Ma.Pd.
-
SDN 2 KRAMATMULYA
48
IMAM FUQOHA
-
SDN 2 KRAMATMULYA
  1. F.   Sumber Dana dan Penggunaannya
    1. Sumber dan Alokasi Dana
Dana berasal dari blockgrant  DBL Bermutu bagi kelompok kerja guru, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dialokasikan pada DIPA LPMP Jawa Barat Tahun 2011.
  1. Komponen Pembiayaan
Dana blockgrant  DBL Bermutu bagi kelompok  kerja guru diperuntukkan membiayai komponen pengeluaran sebagai berikut :
Komponen
Kegiatan In Service
Kegiatan Pertemuan Rutin antara lain :
Kegiatan
F-KKG
PTK
TIK
Observasi
Penyusunan Laporan
Uang Harian Nara Sumber Nara Sumber Nara Sumber Fasilitator/Nara Sumber Fasilitator/Nara Sumber
Transportasi Nara Sumber Nara Sumber Nara Sumber
Fasilitator/Nara Sumber
Peserta
Konsumsi
Nara Sumber Nara Sumber
Fasilitator/Nara Sumber
Akomodasi Nara Sumber Nara Sumber Nara Sumber Fasilitator/Nara Sumber Fasilitator/Nara Sumber
ATK
Bahan
Keterangan :
√ = nara sumber, fasilitator, dan peserta.
-  = tidak diperkenankan
Besaran pengeluaran dana untuk setiap komponen pembiayaan disesuaikan dengan ketentuan yang diatur dalam satuan biaya umum yang berlaku. Dokumen SPJ penggunaan dana tersebut tertuang dalam lampiran laporan ini.
  1. G.      Pelaksanaan Pertemuan
Kegiatan dirancang dengan pola 16 kali pertemuan bagi Guru.
Pertemuan dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut :
  1. 1.      Pertemuan 1
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan. Kemudian peserta diberi penjelasan tentang Penilaian Kinerja Guru (PKG) meliputi latar belakang, konsep, dan prosedur PKG. pada kegiatan ini di pandu oleh pemateri DCT Bapak Irsan Fajar, S.Pd. dari kabupaten sebagai DCT dibantu oleh para pemandu KKG.
  1. 2.      Pertemuan 2
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan kedua tentang PK Guru 2. Kemudian peserta diberi penjelasan tentang Penilaian Kinerja Guru (PKG) meliputi konversi PK Guru, tugas dan tanggung jawab serta penjaminan mutu melalui PK Guru. Berikutnya guru peserta di jelaskan juga tentang Monitoring dan evaluaisi PK Guru di sekolah-masing. pada kegiatan ini di pandu oleh pemateri DCT Bapak Irsan Fajar, S.Pd. dari kabupaten sebagai DCT dibantu oleh para pemandu KKG.

  1. 3.      Pertemuan 3
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan ketiga yang dilaksanakan pada tanggal 03 Desember 2011 tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Kemudian peserta diberi penjelasan tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) meliputi penjelasan tentang latar belakang PKB, dasar hukum, tujuan dan manfaat PKB, serta penjelasan tentang konsep dan implementasi PKB bagi setiap guru peserta. pada kegiatan ini di pandu oleh para pemandu KKG.




  1. 4.      Pertemuan 4
Pada pertemuan keempat ini di setelah pembukaan kemudian disampaikan tujuan serta indikator yang harus dicapai pada kegiatan ini. Pada pertemuan ini dibahas tentang Program induksi Guru Pemula (PIGP) yang disampaikan oleh DCT dan pemandu KKG. Pada kesempatan ini dijelaskan pengertian, dasar hukum, tujuan dan manfaat PIGP. Setelah istirahat materi dilanjutkan dengan penjelasan tentang prinsip PIGP, hak dan kewajiban Guru pemula dalam program pelaksanaan Program induksi ini.
  1. 5.      Pertemuan 5
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan kelima yang dilaksanakan pada tanggal 07 Januari 2012 tentang Silabus dan RPP. Pada pertemuan ini dijelaskan teknik pengembangan silabus dan rancangan penilaian hasil belajar di kelas. Setelah istirahat para peserta diberi penjelasan tentang tekhnik pengembangan RPP berkarakter, materi ini disampaikan oleh Pengawas TK/SD bapak Drs.Suratman dibantu dengan para pemandu gugus.

  1. 6.      Pertemuan 6
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan keenam yang dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2012. Pemandu mengenalkan bagian-bagian komputer, kemudian mempraktekan operasi dasar komputer, setelah guru peserta memahami operasi dasar komputer guru peserta berlatih membuat naskah dengan microsoft word, daftar dan tabel, setelah selesai pertemuan guru peserta ditugaskan membuat RPP dengan MS. Word di sekolahnya masing-masing.

  1. 7.      Pertemuan 7
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan keenam yang dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2012. Pemandu membimbing dan mengarahkan guru peserta berlatih membuat lembar kerja dengan microsoft excel, daftar rumus, setelah selesai istirahat dilanjutkan dengan berlatih membuat slide presentasi, setelah dianggap cukup guru peserta dikenalkan dengan penggunaan mesin pencari kemudian guru peserta mencoba berkomunikasi  dengan yahoo mail. Setelah pertemuan guru peserta ditugaskan mengirimkan tugas tagihan masing-masing ke alamat e mail KKG.

  1. 8.      Pertemuan 8
Pada pertemuan ini pengurus dan pemandu menjelaskan persiapan kegiatan open class yang dilaksanakan di SDN 2 Geresik pada tanggal 19 Januari 2012 yang di ikuti seluruh guru peserta dan kepala sekolah. Setelah penjelasan selesai guru model melakukan KBM di kelas di observasi oleh para guru peserta, setelah selesai KBM guru peserta melakukan evaluasi terhadap KBM yang telah dilakukan. Terakhir pengurus dan pemandu membuat laporan hasil observasi.
  1. 9.      Pertemuan 9
Pertemuan ini dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2012, Setelah dijelaskan maksud dan tujuan pada kegiatan ini, pemateri menyampaikan materi tentang lesson study, di awali dengan menjelaskan Perencanaan (Plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Setelah penjelasan guru peserta dilatih tentang pelaksanaan Lesson study. Setelah pertemuan selesai pemandu menyampaikan tugas untuk dilaksanakan di sekolahnya masing-masing.

  1. 10.  Pertemuan 10
Pada pertemuan ke 10 disampaikan materi tentang Analisis Butir Soal oleh DCT Kabupaten Kuningan Bapak Kusnadi, S.Pd. MM.Pd. setelah disampaikan tujuan dan manfaat pada kegiatan ini dilanjutkan dengan penyampaian materi. Diawali dengan pengertian, ruang lingkup serta kegunaan analisis butir soal, guru peserta dilatih membuat soal dan menganalisa soal- soal. Setelah berlatih membuat soal pemateri menyampaikan analisis spesifikasi dan karakteristik tes. Di akhir kegiatan guru peserta ditugaskan untuk menganalisis soal-soal ulangan harian di sekolahnya masing-masing.

  1. 11.  Pertemuan 11
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan kesebelas yang dilaksanakan pada tanggal 31 Pebruari 2012. Pemateri menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat kajian kritis. Setelah istirahat pemateri melatih guru peserta untuk berlatih menulis. Di akhir pertemuan pemandu mengarahkan guru peserta untuk membuat kajian kritis, karya tulis ilmiah, dan makalah.

  1. 12.  Pertemuan 12
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan kedua belas yang dilaksanakan pada tanggal 09 Pebruari 2012. Pemateri menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat PTK 1 tentang perencanaan. Setelah istirahat pemateri melatih guru peserta untuk menyusun dan menetapkan istrumen untuk pengumpulan data. Di akhir pertemuan pemandu mengarahkan guru peserta untuk mengumpulkan data.

  1. 13.  Pertemuan 13
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan ketiga belas yang dilaksanakan pada tanggal 11 Pebruari 2012. Pemateri menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat PTK 2 Pelaksanaan. Setelah istirahat pemateri melatih guru peserta untuk berlatih observasi dan melakukan open class. Di akhir pertemuan pemandu mengarahkan guru peserta untuk melaporkan hasil kegiatan open class.


  1. 14.  Pertemuan 14
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan keempat belas yang dilaksanakan pada tanggal 18 Pebruari 2012. Pemateri menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat PTK 3 Pelaporan. Setelah istirahat pemateri melatih guru peserta untuk berlatih menuliskan hasil penelitian sesuai dengan sistematika dan komponen-komponen laporan PTK. Di akhir pertemuan pemandu mengarahkan guru peserta untuk melaporkan hasil penelitian.

  1. 15.  Pertemuan 15
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan kelima belas yang dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2012. Pemateri menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat  Pelaporan PTK. Setelah istirahat pemateri melatih guru peserta untuk berlatih menuliskan hasil laporan  penelitian sesuai dengan sistematika dan komponen-komponen laporan  PTK. Di akhir pertemuan pemandu mengarahkan guru peserta untuk melaporkan hasil penelitian.
  1. 16.  Pertemuan 16
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan kelima belas yang dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2012. Pemateri dari LPMP menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat  Pelaporan KKG Bermutu.

  1. H.       Metode Pelatihan
Metode yang digunakan dala pertemuan ini adalah metode bagi orang dewasa (andragogi), yaitu ceramah, tanya jawab, praktik, permainan, penugasan kelompok, dan kerja mandiri. Dengan cara ini diharapkan peserta mampu memahami seluruh materi yang disajikan dalam kegiatan ini.
  1. I.          Masalah dan Pemecahannya
 No.
Masalah
Upaya Pemecahan Masalah
1 Kurang tercapainya target penguasaan ICT di KKG Di adakan pelatihan extra di luar waktu kegiatan KKG



















BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN


  1. A.       Hasil Pelaksaan Kegiatan
Setelah 16 kali pertemuan  dilaksanakan  dengan materi pokok kebijakan, materi Penilaian   Kinerja   Guru  , materi   Penilaian Kinerja Guru , materi Pengembangan Keprofesian       Berkelanjutan     (PKB),   materi    Program  indukasi Guru Pemula (PIGP),   materi   Silabus  dan RPP,materi  Information  Comunication Tekhnology   (ICT 1),materi  Information  Comunication Tekhnology   (ICT 1),materi Observasi Kelas,materi Lesson Study,materi Penyusunan kisi-kisi soal dan bank soal,materi Kajian kritis, materi PTK 1 Perencanaan,materi PTK 2 Pelaksanaan tindakan,materi PTK 3 Laporan,materi Penyusunan Laporan, materi Penyusunan Laporan.
  1. Peserta yang hadir dari pertemuan 1 s.d pertemuan 16 sebanyak  80  %, terdiri atas :
No.
Peserta
∑ Seharusnya Hadir
 ∑ Hadir
%
Tidak hadir karena
s
I
a
1
Guru
48





2
Kepala Sekolah
9





3
Pengawas
8





Jumlah
65












BAB IV
RANGKUMAN HASIL EVALUASI MANDIRI

A. Deskripsi Sebelum dilaksanakan Program bermutu
Sebelum pelaksanaan program bermutu secara umum guru-guru di wilayah gugus IV Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang kurang memahami prosedur penelitian tindakan kelas, hal ini dibuktikan dengan hasil peneltian awal kami bahwa 40 % guru diwilayah KKG Gugus IV Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang belum dapat menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Bahkan untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang dialami guru dalam proses pembelajaran saja guru-guru di wilayah Gugus IV Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang masih merasa kesulitan.
Berdasarkan data evaluasi awal didapatkan informasi bahwa selama ini guru-guru enggan untuk memanfaatkan komputer dalam melaksanakan tugasnya meskipun di sekolah sudah ada perangkat komputer, hal ini disebabkan karena mereka tidak bisa mengoperasikan komputer dan ada perasaan takut apabila komputer digunakan akan rusak.
Minat guru untuk mencari dan membaca artikel-artikel yang berkaitan dengan pembelajaran sangat kurang sehingga buku-buku tentang pembelajaran di sekolah hampir tidak tersentuh.
B. Evaluasi Mandiri setelah Pelaksanaan Program BERMUTU
Setelah dilaksanakannya program bermutu, guru-guru diwilayah Gugus IV Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang merasa termotivasi untuk memperbaiki pembelajarannya dengan penelitian tindak kelas (PTK). Kegiatan mereka diawali dengan menulis case study sebagai pijakan awal dalam mengidentifikasi masalah pembelajaran. Menurut beberapa Kepala sekolah motivasi guru-guru utamanya sasaran program BERMUTU untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya sangat tinggi. Bahkan pengawas TK/SD juga dapat menilai perkembangan kreativitas dan pola berpikir guru-guru dengan adanya program BERMUTU.
Di sekolah-sekolah wilayah Gugus IV Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang ada upaya mengubah model pembelajarannya dari konvensional menjadi PAIKEM. Paradigm pembelajaran behavioristik mulai ditinggalkan, guru-guru mulai melaksanakan pembelajaran yang kontruktivisme. Ini disebabkan karena pengetahuan dan pemahaman mereka tentang metode-metode pembelajaran yang terus bertambah dengan adanya program BERMUTU.
Dengan dikenalkannya ICT dan melalui beberapa latihan mengoperasikan komputer terdapat perubahan yang cukup signifikan, guru-guru yang sebelumnya takut dan enggan menggunakan komputer mulai ada kemauan dan keberanian untuk mengoperasikan komputer. Mereka terlihat mengerjakan tugas-tugas dalam program BERMUTU dengan mengetik sendiri. Meskipun hasil kerjanya tampak belum baik misalnya penataan paragraph dan spasi, namun hal ini merupakan perkembangan yang positif dalam pemanfaatan komputer.
Buku-buku tentang pembelajaran yang sebelumnya hanya tersimpan mulai diminati dan dibaca oleh guru, hal ini terkait dengan tugas mencari model-model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas.
Secara umum hasil yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi guru dengan adanya program BERMUTU menyatakan bahwa program BERMUTU dapat meningkatkan motivasi dan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran.





BAB V
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

  1. A.  KESIMPULAN
Dengan digulirkannya Dana Bantuan Langsung (DBL) Program BERMUTU, Kelompok Kerja Guru Semakin Jelas, terarah, terprogram, serta dapat meningkatkan kompetensi guru, baik kompetensi pedagogic, kompetensi professional, kompetensi social, maupun kompetensi kepribadian bagi anggota KKG Gugus IV Ciawigebang pada khususnya serta kepada guru-guru yang lain sebagai imbasnya.
Program BERMUTU dapat menigkatkan kualitas guru di KKG Gugus IV Ciawigebang karena dengan kegiatan ini pengetahuan dan wawasan guru meningkat secara signifikan dan menghasilkan efek positif pada peningkatan kualitas pembelajaran. Peningkatan Kualitas pembelajaran ini otomatis dapat meningkatan mutu hasil belajar pada khususnya dan mutu pendidikan pada umumnya. Selain itu program BERMUTU ini dapat mempercepat proses kualifikasi akademik bagi guru yang belum berkualifikasi S.1 dengan mengajukan portofolio guru melalui program PPKHB.
  1. B.  REKOMENDASI
Kegiatan Program Bermutu pada masa yang akan datang atau tahap berikutnya sebaiknya ada peningkatan pada sisi persiapan, baik dari sumber daya manusianya maupun fasilitas pendukungnya.
Kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuningan untuk berkoordinasi dengan LPMP Jawa Barat dalam pengadaan Bahan Belajar Mandiri (BBM) yang dipandang sangat dibutuhkan bagi peserta KKG, dan hendaknya untuk tahun ketiga  BBM tersebut sudah tersedia dan lengkap sebelum pelaksanaan program agar peserta KKG mempunyai panduan belajar yang relevan serta jumlahnya memenuhi rasio standar, juga pencairan dan DBL agar dikucurkan sesuai dengan waktu yang direncanakan agar kegiatan dapat dilaksanakan sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh KKG masing-masing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa-siswi kelas 2 SD Muhammadiyah Trawas

       ini nih wajah-wajah lucu mereka saat mereka bergaya di depan kamera, saya pakai kamera Hp nokia asha 309 alhamdulillah bisa buat berfoto ria :  Indi    Shabilah  Alif  Ibrahim/aril  Tria   Idris  Rafly  Nayla  Gadis Poggi

SD Muhatra = SD Muhammadiyah Trawas

Yuk lebih mengenal SD Muhatra ! SD Muhatra adalah sebutan baru untuk SD Muhammadiyah Trawas, beberapa kali sih berganti sebutan mulai dari SD Muhammadiyah kesiman, SD Muhammadiyah Plus Trawas, namun di tahun 2016 ini agar lebih dekat dengan masyarakat kami akan mengenalkan lebih dekat dengan SD Muhatra semoga di tahun-tahun yang akan datang menjadikan SD Muhatra lebih baik dalam segala bidang. SD Muhatra ada di sebuah daerah pegunungan di bawah kaki bukit gunung penanggungan dan kaki bukit Gunung welirang. SD Muhatra berada di bawah pengawasan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Trawas bagian Pendidikan Dasar dan Menengah. sebagai satu-satunya SD Swasta di wilayah kecamatan Trawas, tak membuat SD Muhatra  kehilangan semangat. apalagi SD Muhatra pernah beberapa kali nilai yang di dapat dalam Ujian Sekolah maupun Ujian Nasional berada di atas rata-rata sekolah Negeri. perpaduan antara Ilmu agama dan ilmu umum menjadi mutu tersendiri.  SD Muhatra berada di Jl. Airlan...

Guru-guru SD Muhammadiyah Trawas

Tak kenal maka tak sayang ... 1. Nama      : HABIB, S.Pd.I     Alamat  Rumah : Dsn. Kemlagi  Ds. Kesiman Kec. Trawas     Jabatan  : Kepala Sekolah 2. Nama      : SITI AISYAH, S.Pd     Alamat  Rumah : Ds. Tamiajeng Kec. Trawas     Jabatan  : Guru Kelas   3. Nama     :  JAINUL ARIFIN, S.PdI     Alamat Rumah   : Ds. Tamiajeng Kec. Trawas     Jabatan   : Guru Kelas 4. Nama     :  MUHAMMAD YUSUF, S.Pd     Alamat  Rumah  : Dsn. Kemlagi  Ds. Kesiman   Kec. Trawas     Jabatan   : Guru Kelas 5. Nama     : MUNADIFAH, S.Pd     Alamat Rumah  : Dsn. Sumbersari Ds. Kesiman Kec. Trawas     Jabatan  : Guru Kelas 6. Nama    : AKHMAD FAIZAL, S....