Contoh berikut adalah salah satu contoh laporan kegiatan KKG yang sangat bagus dan terencana, apakah hanya sekedar catata saja ataukah sekedar sebagai laporan tetapi hal tersebut membuat saya ingin menuangkannya di sini semoga bermanfaat :
LAPORAN KKG IV CIAWIGEBANG
Kata Pengantar
Berkat rahmat, karunia dan hidayah Tuhan
Yang Maha Esa, penyusunan Laporan Hasil Kegiatan Kelompok Kerja Guru
(KKG) Bermutu Gugus IV Ciawigebang dalam rangka persiapan pelaporan KKG
Bermutu tahun kedua yang di selenggarakan pada tanggal 11 November
2011 sampai dengan tanggal 27 Maret 2012 oleh Kelompok Kerja Guru Gugus
IV Ciawigebang.
Laporan ini merupakan bentuk
pertanggung jawaban kegiatan tersebut, yang diharapkan dapat digunakan
sebagai salah satu masukan penyusunan kebijakan pembinaan Kelompok Kerja
Guru dalam melaksanakan kegiatan Pengembangan keprofesian yang
merupakan strategi pelaksanaan pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya.
Pada kesempatan ini kami haturkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan laporan ini.
Besar harapan kami, kiranya laporan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua dalam rangka mewujudkan guru yang profesional, bermartabat dan sejahtera.
Ciawigebang, 30 Maret 2012
Ketua KKG Gugus IV Ciawigebang
Erik Kasihanto, S.Pd.I
Daftar Isi
Kata pengantar …………………………………………………………………….i
Daftar isi …………………………………………………………………………….ii
Bab I Pendahuluan …………………………………………………………………….1
- Latar belakang ……………………………………………………………………….1
- Dasar hukum ………………………………………………………………………..2
- Tujuan program ………………………………………………………………………3
- Sasaran ……………………………………………………………………………….4
- Materi pelatihan ………………………………………………………………………6
- Hasil yang diharapkan, sasaran, dan sebagainya ……………………………….7
Bab II Pelaksanaan Program …………………………………………………………8
(Menginformasikan semua kegiatan dengan rencana kerja yang disepakati
yang mencakup tempat, waktu, kegiatan, penggunaan dana, masalah, dan
upaya pemecahan masalah).
Bab III Pelaksanaan Kegiatan …………………………………………………………..25
Berisikan laporan tentang :
- Hasil pelaksanaan kegiatan ………………………………………………………….25
- Pertanggungjawaban dana …………………………………………………………..26
Bab IV Rangkuman Hasil Evaluasi Mandiri …………………………………………27
Bab V Kesimpulan Dan Rekomendasi ……………………………………………….29
Lampiran-lampiran
- Daftar hadir peserta, pengarah, narasumber dan panitia.
- Materi atau hasil pertemuan.
- Dokumentasi/photo kegiatan
- Fotocopy dokumen pertanggung jawaban keuangan (asli disimpan dimasing-masing kelompok kerja).
- Copy/salinan hasil tagihan kelompok lengkap.
- Copy/salinan hasil tagihan individu (3 sample terbaik) lengkap.
- Hasil evaluasi mandiri oleh sekolah.
- Hasil evaluasi mandiri oleh KKG/FKKG
BAB I
PENDAHULUAN
- A. Latar belakang
Undang-undang RI No.14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen
mengamanatkan Guru untuk memiliki : (i) Kualifikasi akademik minimum
S1/D-IV ; (ii) Kompetensi sebagai agen pembelajaran yaitu kompetensi
pedagogik, kepribadian, sosial
dan profesional; (iii) Sertifikat pendidik. Agar Guru dapat memiliki
kompetensi sebagai agen pembelajaran sebagaimana yang diamanatkan pada
Undang-undang tersebut di atas, maka Guru harus senantiasa meningkatkan
kompetensinya secara terus menerus melalui berbagai upaya antara lain
melalui pelatihan, kegiatan karya tulis ilmiah, pertemuan dikelompok
kerja dan musyawarah kerja yang terdiri dari : Kelompok Kerja Guru
(KKG), Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), Kelompok Kerja Pengawas
Sekolah (KKPS), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Kerja
Kepala Sekolah (MKKS) dan Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS).
Forum Kelompok Kerja atau
Forum Musyawarah Kerja diharapkan dalam terbentuk pada masing-masing
Kelompok Kerja dan Musyawarah Kerja, yang dimaksudkan untuk meningkatkan
kinerja KKG/MGMP, KKKS/MKKS, dan KKPS/MKPS melalui koordinasi dan
jejaring antar Kelompok Kerja atau Musyawarah Kerja. Forum-forum
tersebut dibentuk pada tingkat Kabupaten/Kota sebagai wadah koordinasi
dan sinkronasi program kerja antar KKG/MGMP, KKKS/MKKS, dan KKPS/MKPS.
Forum yang dapat dibentuk terdiri dari Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG),
Forum Kelompok Kerja Kepala Sekolah (FKKKS), Forum Kelompok Kerja
Pengawas Sekolah (FKKPS), Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (FMGMP),
dan Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (FMKKS).
Khusus untuk KKG, sampai saat ini KKG di gugus IV Ciawigebang telah
memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kompetensi
dan kinerja guru. Disisi lain, FKKG dapat memfasilitasi dalam
meningkatkan kinerja KKG.
Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh guru dalam menciptakan
Kelompok Kerja Guru yang aktif dan efektif atas adalah sebagai berikut :
- Manajemen KKG masih perlu ditingkatkan kualitasnya dalam upaya optimalisasi intensifikasi pembinaan kegiatan KKG.
- Program – program kegiatan KKG masih kurang sesuai dengan kebutuhan pengembangan profesionalitas guru.
- Dana pendukung operasional belum memadai dan kurang dimanfaatkan secara tepat.
Upaya untuk merevitalisasi KKG yang ada, dan membentuk FKKG agar
kegiatan yang dilakukan di setiap KKG dapat memberikan kontribusi untuk
menumbuh kembangkan budaya pembelajaran yang berpusat pada kebutuhan
siswa dan kelas, sehingga berdampak pada peningkatan kualitas proses
pembelajaran yang berujung pada peningkatan kualitas pendidikan secara
menyeluruh.
- B. Dasar Hukum
- Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2007 Tentang Pembagian Kewenangan Pusat dan Daerah,
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru;
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Program Sarjana (S1) Kependidikan bagi Guru dalam jabatan.
- Peraturan Menteri Negara PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
- C. Tujuan
1. Umum
Kegiatan Program BERMUTU Secara umum ini
bertujuan untuk meningkatkan kualifikasi dan mengembangkan
profesionalisme guru sebagai salah satu upaya meningkatkan mutu
pendidikan melalui pemberdayaan kapasitas KKG.
2. Khusus
Tujuan khusunya adalah sebagai berikut:
- Memberdayakan KKG sebagai wadah bagi guru dalam meningkatkan kompetensinya, terutama kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional
- Memberikan kesempatan bagi anggota KKG untuk berbagi pengalaman serta memberikan bantuan dan umpan balik
- Meningkatkan kertrampilan dan pengetahuan, serta mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih profesional bagi anggota KKG
- Memberdayakan dan membantu anggota KKG dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di sekolah
- Mendorong guru untuk memiliki kemampuan menggunakan metode Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan ( PAIKEM) di dalam kelas tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik.
- Membantu guru untuk perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat, peningkatan kualifikasi akademik guru dan persiapan guru dalam menghadapi proses sertifikasi
- Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan dan melaporkan PTK
- Meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan ICT dalam pembelajaran
- Bukti keikutsertaan guru dalam kegiatan yang berupa sertifikat atau piagam memiliki point yang dapat membantu guru dalam rangka mengikuti program PPKHB dan untuk pendukung Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
- D. Sasaran
Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh guru kelas yang ada di KKG
Gugus IV Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan, sebanyak 48 orang
guru. Adapun perinciannya adalah sebagai berikut :
1. Data guru berdasarkan tugas mengajar
No.
|
Nama Sekolah
|
Kelas dan Jumlah Guru
|
Jumlah
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
|||
1.
|
SDN 1 Geresik |
1
|
-
|
1
|
1
|
1
|
1
|
5
|
2.
|
SDN 2 Geresik |
1
|
-
|
1
|
1
|
1
|
1
|
5
|
3.
|
SDN 3 Geresik |
1
|
-
|
1
|
1
|
1
|
1
|
5
|
4.
|
SDN 1 Lebaksiuh |
1
|
-
|
1
|
1
|
1
|
1
|
5
|
5.
|
SDN 2 Lebaksiuh |
1
|
-
|
1
|
1
|
1
|
1
|
5
|
6.
|
SDN 1 Kramatmulya |
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6
|
7.
|
SDN 2 Kramatmulya |
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6
|
8.
|
SDN 1 Ciputat |
1
|
-
|
1
|
2
|
2
|
1
|
5
|
9.
|
SDN 3 Ciputat |
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6
|
|
Jumlah
|
9
|
3
|
10
|
10
|
10
|
9
|
48
|
2. Data guru berdasarkan kualifikasi akademik
No.
|
Nama Sekolah
|
Kualifikasi akademik
|
Jumlah
|
|||
SPG | D2 | D3 | D4/S1 | |||
1.
|
SDN 1 Geresik |
-
|
3
|
-
|
2
|
5
|
2.
|
SDN 2 Geresik |
-
|
-
|
1
|
5
|
6
|
3.
|
SDN 3 Geresik |
-
|
2
|
1
|
2
|
5
|
4.
|
SDN 1 Lebaksiuh |
-
|
1
|
1
|
3
|
4
|
5.
|
SDN 2 Lebaksiuh |
-
|
4
|
-
|
1
|
5
|
6.
|
SDN 1 Kramatmulya |
-
|
5
|
-
|
1
|
6
|
7.
|
SDN 2 Kramatmulya |
-
|
4
|
1
|
1
|
6
|
8.
|
SDN 1 Ciputat |
-
|
4
|
-
|
1
|
5
|
9
|
SDN 3 Ciputat |
-
|
3
|
-
|
2
|
5
|
|
Jumlah |
-
|
26
|
4
|
18
|
48
|
3. Data guru berdasarkan golongan/ ruang
No
|
Nama Sekolah
|
Golongan/ ruang
|
Jumlah
|
||||||||
Iia | Iib | IIc | IId | IIIa | IIIb | IIIc | IIId | IVa | |||
1.
|
SDN 1 Geresik |
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
3
|
4
|
2.
|
SDN 2 Geresik |
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
3
|
4
|
3.
|
SDN 3 Geresik |
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
2
|
4.
|
SDN 1 Lebaksiuh |
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
1
|
-
|
3
|
5
|
5.
|
SDN 2 Lebaksiuh |
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
3
|
5
|
6.
|
SDN 1 Kramatmulya |
-
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
4
|
7.
|
SDN 2 Kramatmulya |
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
2
|
8.
|
SDN 1 Ciputat |
2
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
3
|
6
|
9.
|
SDN 3 Ciputat |
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
2
|
4
|
|
Jumlah
|
5 | 3 | 1 | 1 | 1 | - | 5 | 2 | 20 |
38
|
- E. Materi Kegiatan
Frekuensi kegiatan pada tahun pelajaran 2010 – 2011, dilakukan setiap
satu minggu dua kali setiap hari rabu dan sabtu. Kecuali pada
kegiatan-kegiatan tertentu, frekuensi kegiatan disesuaikan dengan
kebutuhan.
Jadi frekuensi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh KKG Gugus IV
Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang dalam satu tahun terakhir adal 16 kali
kegiatan/pertemuan. Berikut adalah rekap pelaksanaan kegiatan pada
tahun 2011 – 2012.
NO
|
HARI
|
TANGGAL
|
PERTEMUAN
|
MATERI
|
PEMATERI
|
1
|
Sabtu
|
11-11-2011
|
IN-SERVIS
|
Kebijakan Disdik Kab | Kadisdikpora |
|
|
|
|
|
|
2
|
Kamis
|
17-11-2011
|
1
|
Penilaian Kinerja Guru ( PKG) | Irsan Fajar, S.Pd. |
|
|
|
|
||
3
|
Kamis
|
24-11-2011
|
2
|
Penilaian Kinerja Guru ( PKG) | Irsan Fajar, S.Pd. |
|
|
|
|
||
4
|
Sabtu
|
03-12-2011
|
3
|
Pengembangan Keprofesian | Pemandu |
|
|
|
|
Berkelanjutan ( PKB ) | |
5
|
Sabtu
|
17-12-2011
|
4
|
Program Indukasi Guru | Irsan Fajar, S.Pd. |
|
|
|
|
Pemula (PIGP) | |
6
|
Sabtu
|
07-01-2012
|
5
|
Silabus Dan RPP | Kusnadi, S.Pd.M.Pd |
|
|
|
|
||
7
|
Kamis
|
12-01-2012
|
6
|
Information Comunication | Pemandu |
|
|
|
|
Tekhnologi (ICT 1) | |
8
|
Sabtu
|
14-01-2012
|
7
|
Information Comunication | Pemandu |
|
|
|
|
Tekhnologi (ICT 1) | |
9
|
Kamis
|
19-01-2012
|
8 (On Service)
|
Observasi Kelas | Pengurus/Pemandu |
|
|
|
|
||
10
|
Sabtu
|
21-01-2012
|
9
|
Lesso Study | Toto Sucipto, S.Pd. |
|
|
|
|
||
11
|
Selasa
|
31-01-2012
|
10
|
Penyusunan Kisi-kisi Soal | Kusnadi, S.Pd.M.Pd |
|
|
|
|
Dan Bank Soal | |
12
|
Sabtu |
04-02-2012
|
11
|
Kajian Kritis | Toto Sucipto, S.Pd. |
|
|
|
|
||
13
|
Kamis
|
09-02-2012
|
12
|
PTK 1 ( Perencanaan ) | Kusnadi, S.Pd.M.Pd |
|
|
|
|
||
14
|
Sabtu
|
11-02-2012
|
13
|
PTK 2 (Pelaksanaan Tindakan) | Pemandu |
|
|
|
|
||
15
|
Sabtu
|
18-02-2012
|
14
|
PTK 3 (Laporan) | Kusnadi, S.Pd.M.Pd |
|
|
|
|
||
16
|
Minggu |
25-03-2012
|
15
|
Penyusunan Laporan | LPMP |
|
|
|
|
||
17
|
Selasa
|
27-03-2012
|
16
|
Penyusunan Laporan | Pengurus/pemandu |
|
|
|
|
- F. Hasil yang diharapkan
Diharapkan setelah melaksanakan kegiatan peserta/anggota kelompok kerja guru dapat :
- Meningkatkan kinerja dan peran KKG dalam meningkatkan kompetensi anggotanya.
- Tersedianya kesempatan bagi anggota KKG untuk saling tukar pengalaman dan saling memberi umpan balik.
- Terwujudnya perubahan prilaku anggota KKG dalam meningkatkan pengetahuan, kompetensi, dan kinerja.
- Terwujudnya pemberdayaan anggota KKG dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di sekolah.
- Terwujudnya peningkatan mutu proses pembelajaran dan mutu pendidikan yang tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik yang ditandai dengan :
- Peserta didik belajar dengan aktif, inovatif, kreatif, efektif, bermakna, dan menyenangkan;
- Guru menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan bahan ajar dan perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik;
- Hasil evaluasi belajar peserta didik meningkat dan sesuai dengan target;
- Ketuntasan belajar dan nilai yang disepakati oleh sekolah;
- Guru memberi tugas dan umpan balik;
- Hasil karya peserta didik dan pemanfaatan lingkungan yang digunakan sebagai sumber belajar.
- Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan dan melaporkan PTK.
- Mahir dalam penggunaan ICT dalam pembelajaran.
BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM
- A. Dasar kerja
Kegiatan Kelompok Kerja Guru Gugus IV Ciawigebang ini dilaksanakan
berdasarkan Surat Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Barat
Nomor 4238/J.29/LL/2011, tanggal 02 Oktober 2011 tentang Nota
kesepakatan (MoU).
- B. Waktu Dan Tempat
Kegiatan ini diselenggarakan selama 16 kali pertemuan, mulai tanggal
11 November 2011 sd 27 Maret 2012 bertempat di SD Inti yaitu SD Negeri
1 Geresik UPTD Pendidikan Kecamatan Ciawigebang.
- C. Skenario Kegiatan
Pertemuan |
Pokok Bahasan
|
In-service |
|
Pertemuan 1 |
|
Pertemuan 2 |
|
Pertemuan 3 |
|
Pertemuan 4 | Program Induksi Guru Pemula |
Pertemuan 5 | Silabus dan RPP |
Pertemuan 6 |
|
Pertemuan |
Pokok Bahasan
|
Pertemuan 7 |
|
On- Service | Kunjungan ke Sekolah SD Inti untuk melakukan observasi |
Kelas | |
Pertemuan 9 | PLAN: Penyusunan rencana pmbelajaran dan perangkatnya |
DO: Pelaksanaan pembelajaran di kelas yang diobservasi (open class/open lesson) | |
SEE: Diskusi Refleksi, (difokuskan pada aktivitas belajar siswa) | |
Pertemuan 10 |
|
Pertemuan 11 | 1. Pengertian, Lingkup serta Kegunaan Analisis butir soal |
dan Analisis Tes | |
2. Analisis Spesifikasi Soal dan Spesifikasi Tes | |
3. Analisis Karakteristik Soal dan Karakteristik Tes | |
Pertemuan 12 |
|
Pertemuan 13 |
|
|
|
Observasi | |
|
|
instrumen lembar observasi pembelajaran | |
|
|
class. | |
Pertemuan 14 | Aspek-aspek yang dipelajari dalam penyusunan laporan |
meliputi cara-cara mengorganisasikan pokok-pokok pikiran, | |
menyusun, dan menilai suatu laporan PTK | |
Pertemuan 15 | Aspek-aspek yang dipelajari dalam penyusunan laporan |
meliputi cara-cara mengorganisasikan pokok-pokok pikiran, | |
menyusun, dan menilai suatu laporan PTK | |
Pertemuan 16 | Laporan penyusunan laporan kegiatan KKG bermutu |
- D. Jadwal Pelatihan
No. |
Hari/Tanggal/Jam |
Nama Materi |
Narasumber |
11-11-2011 |
In-Service |
||
1 |
07.30 – 08.00 |
Kebijakan Disdik Kab. Kuningan |
Kadisdikpora |
2 |
08.00 – 09.30 |
Kebijakan Disdik Kab. Kuningan |
Kab. Kuningan |
3 |
09.30 – 11.00 |
Kebijakan Disdik Kab. Kuningan |
|
4 |
11.00 – 12.30 |
Istirahat |
|
5 |
12.30 – 14.00 |
Rencana Kerja Berbasis TNA |
LPMP |
6 |
14.00 – 14.45 |
Rencana Kerja Berbasis TNA | |
7 |
14.45 – 16.15 |
Rencana Kerja Berbasis TNA | |
8 |
16.15 – 18.00 |
Rencana Kerja Berbasis TNA | |
9 |
19.30 – 21.15 |
Konsep PKB dan PKG |
Pemandu |
17-11-2011 |
Pertemuan 1 (PK Guru) |
||
1 |
07.30 – 08.00 |
Latar Belakang PKG |
Irsan Fajar, S.Pd. |
2 |
08.00 – 09.30 |
Latar Belakang PKG |
|
3 |
09.30 – 11.00 |
Konsep PKG |
|
4 |
11.00 – 12.30 |
Istirahat |
Pemandu |
5 |
12.30 – 14.00 |
Konsep PKG |
|
6 |
14.00 – 14.45 |
Prosedur PKG |
Pemandu |
7 |
14.45 – 16.15 |
Prosedur PKG |
Irsan Fajar, S.Pd |
8 |
16.15 – 18.00 |
Prosedur PKG | |
9 |
19.30 – 21.15 |
Prosedur PKG | |
24-11-2011 |
Pertemuan 2 (PK Guru) |
||
1 |
07.30 – 08.00 |
konversi hasil PKG |
Irsan Fajar, S.Pd. |
2 |
08.00 – 09.30 |
Tugas dan tanggung jawab |
|
3 |
09.30 – 11.00 |
Tugas dan tanggung jawab |
|
4 |
11.00 – 12.30 |
Istirahat |
Pemandu |
5 |
12.30 – 14.00 |
Penjaminan Mutu PKG |
|
6 |
14.00 – 14.45 |
Penjaminan Mutu PKG |
Pemandu |
7 |
14.45 – 16.15 |
Monitoring PKG |
Irsan Fajar, S.Pd |
8 |
16.15 – 18.00 |
Evaluasi PKG |
|
9 |
19.30 – 21.15 |
Evaluasi PKG |
|
No. |
Hari/Tanggal/Jam |
Nama Materi |
Narasumber |
03-12-2011 |
Pertemuan 3 (PKB) |
||
1 |
07.30 – 08.00 |
Latar Belakang |
Pemandu |
2 |
08.00 – 09.30 |
Dasar hokum |
|
3 |
09.30 – 11.00 |
Tujuan, Manfaat dan sasaran |
|
4 |
11.00 – 12.30 |
Istirahat |
|
5 |
12.30 – 14.00 |
Konsep dan implementasi PKB |
|
6 |
14.00 – 14.45 |
Konsep dan implementasi PKB |
|
7 |
14.45 – 16.15 |
Konsep dan implementasi PKB |
|
8 |
16.15 – 18.00 |
Monitoring dan Evaluasi |
|
9 |
19.30 – 21.15 |
Pelaporan PKB |
|
17-12-2011 |
Pertemuan 4 (PIGP) |
||
1 |
07.30 – 08.00 |
Pengertian PIGP |
Irsan Fajar, S.Pd. |
2 |
08.00 – 09.30 |
Dasar Hukum PIGP |
|
3 |
09.30 – 11.00 |
Tujuan dan Manfaat PIGP |
|
4 |
11.00 – 12.30 |
Istirahat |
|
5 |
12.30 – 14.00 |
Prinsip Program Induksi |
|
6 |
14.00 – 14.45 |
Peserta Program Induksi |
Pemandu |
7 |
14.45 – 16.15 |
Hak dan kewajiban Guru Pemula |
|
8 |
16.15 – 18.00 |
Pelaksanaan Program induksi |
|
9 |
19.30 – 21.15 |
Penilaian pada Guru Pemula |
|
07-01-2012 |
Pertemuan 5 (Silabus dan RPP) |
||
1 |
07.30 – 08.00 |
Teknik Pengembangan Silabus dan Rancangan Penilaian
Hasil Belajar |
Kusnadi, M.M.Pd. |
2 |
08.00 – 09.30 |
Teknik Pengembangan Silabus dan Rancangan Penilaian
Hasil Belajar |
|
3 |
09.30 – 11.00 |
Teknik Pengembangan Silabus dan Rancangan Penilaian
Hasil Belajar |
|
4 |
11.00 – 12.30 |
Istirahat |
|
5 |
12.30 – 14.00 |
Teknik Pengembangan RPP |
|
6 |
14.00 – 14.45 |
Teknik Pengembangan RPP |
|
7 |
14.45 – 16.15 |
Teknik Pengembangan RPP |
|
8 |
16.15 – 18.00 |
Teknik Pengembangan RPP |
|
9 |
19.30 – 21.15 |
Teknik Pengembangan RPP |
|
12-01-2012 |
Pertemuan 6 ( ICT 1 ) |
||
1 |
07.30 – 08.00 |
Pengenalan Komputer |
Pemandu |
2 |
08.00 – 09.30 |
Operasi dasar computer |
|
3 |
09.30 – 11.00 |
Operasi dasar computer |
|
4 |
11.00 – 12.30 |
Istirahat |
|
5 |
12.30 – 14.00 |
Membuat naskah dengan MS.word | Pemandu |
6 |
14.00 – 14.45 |
Membuat naskah dengan MS.word | |
7 |
14.45 – 16.15 |
Membuat naskah dengan MS.word | |
8 |
16.15 – 18.00 |
Membuat daftar dan table | |
9 |
19.30 – 21.15 |
Membuat daftar dan table | |
No. |
Hari/Tanggal/Jam |
Nama Materi |
Narasumber |
14-01-2012 |
Pertemuan 7 ( ICT 2 ) |
||
1 |
07.30 – 08.00 |
Membuat worksheet dg MS .excel |
Pemandu |
2 |
08.00 – 09.30 |
Membuat worksheet dg MS .excel |
|
3 |
09.30 – 11.00 |
Membuat slide presentasi |
|
4 |
11.00 – 12.30 |
Istirahat |
|
5 |
12.30 – 14.00 |
Membuat slide presentasi |
Pemandu |
6 |
14.00 – 14.45 |
Menggunakan browser |
|
7 |
14.45 – 16.15 |
Menggunakan browser |
|
8 |
16.15 – 18.00 |
Berkomunikasi dgn Yahoo/mail |
|
9 |
19.30 – 21.15 |
Berkomunikasi dgn Yahoo/mail |
|
19-01-2012 |
Pertemuan 8 (Observasi) |
||
1 |
07.30 – 08.00 |
Persiapan Open class |
Pemandu |
2 |
08.00 – 09.30 |
Pelaksanaan Open class |
Dan Pengurus |
3 |
09.30 – 11.00 |
Pelaksanaan Open class | |
4 |
11.00 – 12.30 |
Istirahat |
|
5 |
12.30 – 14.00 |
Pelaporan |
|
6 |
14.00 – 14.45 |
Pelaporan | |
7 |
14.45 – 16.15 |
Pelaporan | |
8 |
16.15 – 18.00 |
Pelaporan | |
9 |
19.30 – 21.15 |
Pelaporan | |
21-01-2012 |
Pertemuan 9 (lesson Study) |
||
1 |
07.30 – 08.00 |
Pengertian Lesson Study |
Toto Sucipto, S.Pd. |
2 |
08.00 – 09.30 |
Perencanaan (Plan) |
|
3 |
09.30 – 11.00 |
Perencanaan (Plan) |
|
4 |
11.00 – 12.30 |
Istirahat |
|
5 |
12.30 – 14.00 |
Pelaksanaan (do) |
Pemandu |
6 |
14.00 – 14.45 |
Pelaksanaan (do) |
|
7 |
14.45 – 16.15 |
Pelaksanaan (do) |
|
8 |
16.15 – 18.00 |
Refleksi (see) |
|
9 |
19.30 – 21.15 |
Refleksi (see) |
|
31-01-2012 |
Pertemuan 10 (Analisis dan Bank Soal) |
||
1 |
07.30- 08.00 |
Pengertian, Lingkup serta Kegunaan |
Kusnadi,M M.Pd. |
2 |
08.00 – 09.30 |
Analisis butir soal dan Analisis Tes |
|
3 |
09.30 – 11.00 |
Analisis Spesifikasi Soal |
|
4 |
11.00 – 12.30 |
Istirahat |
|
5 |
12.30 – 14.00 |
Analisis Spesifikasi Tes |
|
6 |
14.00 – 14.45 |
Analisis Spesifikasi Tes |
Pemandu |
7 |
14.45 – 16.15 |
Analisis Karakteristik Soal |
|
8 |
16.15 – 18.00 |
Analisis Karakteristik Tes | |
9 |
19.30 – 21.15 |
Analisis Karakteristik Tes | |
No. |
Hari/Tanggal/Jam |
Nama Materi |
Narasumber |
04-02-2012 |
Pertemuan 11 (Kajian Kritis) |
||
1 |
07.30 – 08.00 |
Pengertian Kajian Kritis |
Toto Sucipto, S.Pd. |
2 |
08.00 – 09.30 |
Tujuan Kajian Kritis |
|
3 |
09.30 – 11.00 |
Manafaat Kajian Kritis |
|
4 |
11.00 – 12.30 |
Istirahat |
|
5 |
12.30 – 14.00 |
Kajian kritis teoritis |
Pemandu |
6 |
14.00 – 14.45 |
Kajian kritis Praktis |
|
7 |
14.45 – 16.15 |
Penulisan Kajian Kritis |
|
8 |
16.15 – 18.00 |
Pemanfaatan Kajian Kritis |
|
9 |
19.30 – 21.15 |
Pemanfaatan Kajian Kritis |
|
09-02-2012 |
Pertemuan 12 (PTK 1 Perencanaan) |
||
1 |
07.30 – 08.00 |
menyusun rencana tindakanperbaikan pembelajaran. |
Kusnadi, M.MPd. |
2 |
08.00 – 09.30 |
||
3 |
09.30 – 11.00 |
||
4 |
11.00 – 12.30 |
Istirahat |
|
5 |
12.30 – 14.00 |
menyusun perangkat untukperbaikan pembelajaran. |
|
6 |
14.00 – 14.45 |
||
7 |
14.45 – 16.15 |
||
8 |
16.15 – 18.00 |
menetapkan istrumen untukpengumpulan data. |
|
9 |
19.30 – 21.15 |
||
11-02-2012 |
Pertemuan 13(PTK 2 Pelaksanaan) |
||
1 |
07.30 – 08.00 |
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana tindakan yang dikembangkan pada kegiatan perencanaan. |
Pemandu |
2 |
08.00 – 09.30 |
Melaksanakan observasi pembelajaran dalambentuk open class dengan menggunakan lembar observasi. |
|
3 |
09.30 – 11.00 |
||
4 |
11.00 – 12.30 |
Istirahat |
|
5 |
12.30 – 14.00 |
Mengumpulkan data tentang hasil pelaksanaan dengan menggunakan instrumen yang sesuai. |
|
6 |
14.00 – 14.45 |
Melakukan diskusi refleksi berdasarkan hasil observasi pembelajaran. | |
7 |
14.45 – 16.15 |
||
8 |
16.15 – 18.00 |
Menulis komentar pembelajaran berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran. |
|
9 |
19.30 – 21.15 |
||
No. |
Hari/Tanggal/Jam |
Nama Materi |
Narasumber |
18-02-2012 |
Pertemuan 14 (PTK 3 Laporan ) |
||
1 |
07.30 – 08.00 |
Menuliskan abstrak penelitian. Menilai laporan PTK sesuai kriteria. |
Kusnadi, M.MP.d |
2 |
08.00 – 09.30 |
Menuliskan hasil penelitian sesuai sistematika/ komponen-komponen laporan PTK . | |
3 |
09.30 – 11.00 |
Menuliskan hasil penelitian sesuai sistematika/ komponen-komponen laporan PTK . |
|
4 |
11.00 – 12.30 |
Istirahat |
|
5 |
12.30 – 14.00 |
Menilai laporan PTK sesuai kriteria. |
|
6 |
14.00 – 14.45 |
Menilai laporan PTK sesuai kriteria. | |
7 |
14.45 – 16.15 |
Menilai laporan PTK sesuai kriteria. | |
8 |
16.15 – 18.00 |
Menilai laporan PTK sesuai kriteria. | |
9 |
19.30 – 21.15 |
Menilai laporan PTK sesuai kriteria. | |
25-03-2012 | Pertemuan 15 | ||
1 | 07.30 – 08.00 | Menuliskan abstrak penelitian. | Pemandu |
2 |
08.00 – 09.30 |
Menuliskan hasil penelitian sesuai. | |
3 |
09.30 – 11.00 |
sistematika/komponen-komponen laporan PTK |
|
4 |
11.00 – 12.30 |
Istirahat |
|
5 |
12.30 – 14.00 |
Menilai laporan PTK sesuai Kriteria | |
6 |
14.00 – 14.45 |
Menilai laporan PTK sesuai Kriteria | |
7 |
14.45 – 16.15 |
Menilai laporan PTK sesuai Kriteria | |
8 |
16.15 – 18.00 |
Menilai laporan PTK sesuai Kriteria |
|
9 |
19.30 – 21.15 |
Menilai laporan PTK sesuai Kriteria |
|
27-03-2012 |
Pertemuan 16 |
||
1 |
07.30 – 08.00 |
Pengarahan Bim Tek Pelaporan |
LPMP |
2 |
08.00 – 09.30 |
Pengarahan Bim Tek Pelaporan | |
3 |
09.30 – 11.00 |
Pengarahan Bim Tek Pelaporan | |
4 |
11.00 – 12.30 |
Istirahat |
|
5 |
12.30 – 14.00 |
Penyusunan Laporan KKG |
|
6 |
14.00 – 14.45 |
Penyusunan Laporan KKG | |
7 |
14.45 – 16.15 |
Penyusunan Laporan KKG | |
8 |
16.15 – 18.00 |
Penyusunan Laporan KKG | |
9 |
19.30 – 21.15 |
Penyusunan Laporan KKG | |
- E. Pengarah, Narasumber, Peserta dan Panitia
- 1. Pengarah
Pengarah untuk kegiatan Kelompok Kerja Guru Program Bermutu tahun 2011 adalah :
1.1 Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuningan
1.2 Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Ciawigebang
1.3 Pengawas TK/SD Kecamatan Ciawigebang
1.4 Kepala SD Inti Gugus IV Ciawigebang
- 2. Narasumber
Narasumber adalah unsur :
2.1 Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan
2.2 LPMP Jawa Barat
2.3 Guru Pemandu
2.4 Pengawas
2.5 DCT
- 3. Peserta
Peserta kegiatan adalah yang terdaftar sebagai anggota kelompok kerja guru yang bersangkutan.
NO
|
NAMA
|
NIP
|
TUGAS MENGAJAR
|
1
|
Hj. SUKASIH,A.Ma.Pd. | 19530206 197502 2 004 | SDN 1 GERESIK |
2
|
HERDYRESNA A.Ma.Pd. | 19630704 198305 1 005 | SDN 1 GERESIK |
3
|
NUNUNG,S.Pd. | 19680615 199003 2 004 | SDN 1 GERESIK |
4
|
IYAR, S.Pd. | 19690321 199103 1 004 | SDN 1 GERESIK |
5
|
HARIS IRFANSYAH, S.Pd. |
-
|
SDN 1 GERESIK |
6
|
RUSANI, S.Pd.I | 19540407 198308 1 001 | SDN 2 GERESIK |
7
|
ELI YULIANI, S.Pd. | 19670112 199402 2 001 | SDN 2 GERESIK |
8
|
UTAY MUHTAR, S.Pd. | 19640101 200711 1 014 | SDN 2 GERESIK |
9
|
ERIK KASIHANTO, S.Pd. | 19841210 200801 1 003 | SDN 2 GERESIK |
10
|
WAWAN RIZWAN, S.Pd. | - | SDN 2 GERESIK |
11
|
N.NURBAETI, A.Ma.Pd. | 19611817 198201 1 004 | SDN 3 GERESIK |
12
|
ELIN MARLIANA, S.Pd.I | 19681115 200801 2 009 | SDN 3 GERESIK |
13
|
A.JAHIR.M, S.Pd.I |
-
|
SDN 3 GERESIK |
14
|
ELI KUNTARI, |
-
|
SDN 3 GERESIK |
15
|
YESI FITRAIANI, |
-
|
SDN 3 GERESIK |
16
|
SUHARTI, A.Ma.Pd | 19570323 197808 2 001 | SDN 1 LEBAKSIUH |
17
|
IKSAN, S.Pd | 19620520 198603 1 014 | SDN 1 LEBAKSIUH |
18
|
ETI RUSWATI, S.Pd. | 19700916 200012 2 001 | SDN 1 LEBAKSIUH |
19
|
KIKI SOBARI, S.Pd. |
-
|
SDN 1 LEBAKSIUH |
20
|
RAMDAN NURDIENSYAH, A.Ma. |
-
|
SDN 1 LEBAKSIUH |
21
|
SAHIDIN,A.Ma | 19581023 198109 1 002 | SDN 2LEBAKSIUH |
22
|
H.JENAL,BA. | 19630601 198305 1005 | SDN 2 LEBAKSIUH |
23
|
Hj.UPI SUPINAH, S.Pd | 19640703 199402 2 003 | SDN 2 LEBAKSIUH |
24
|
ELIH HASANAH, S.Pd | 19690330 199703 2 003 | SDN 2 LEBAKSIUH |
25
|
JUNED,A.Ma.Pd. |
-
|
SDN 2 LEBAKSIUH |
26
|
RUSMIATI, | 19500923 197402 2 002 | SDN 1 CIPUTAT |
27
|
JUNAEDI, S.Ag. | 19590123 198404 1 001 | SDN 1 CIPUTAT |
28
|
TITA RAHMAWATI, A.Ma.Pd. | 19670728 200701 2 005 | SDN 1 CIPUTAT |
29
|
HARIS FADILLAH, |
-
|
SDN 1 CIPUTAT |
30
|
ELI SITI ALIYAH, |
-
|
SDN 1 CIPUTAT |
31
|
MUHTAROM, | 19541212 198412 1 004 | SDN 3 CIPUTAT |
32
|
JUNIASIH, | 19670307 199212 2 004 | SDN 3 CIPUTAT |
33
|
POPI INSANAWATI, A.Ma.Pd. | 19820925 200801 1 006 | SDN 3 CIPUTAT |
34
|
SUSI SUSILAWATI, S.Pd.I |
-
|
SDN 3 CIPUTAT |
35
|
LISNA ALFIAH, S.Pd. |
-
|
SDN 3 CIPUTAT |
36
|
LARA PURNAWATI, |
-
|
SDN 1 KRAMATMULYA |
37
|
Hj II SUTUHAT, A.Ma.Pd. | 19700525 200501 2 006 | SDN 1 KRAMATMULYA |
38
|
CASTI, A.Ma. | 19730405 200801 2 007 | SDN 1 KRAMATMULYA |
39
|
RUSTANDI, S.Pd | PTT 2121439 | SDN 1 KRAMATMULYA |
40
|
ONO DARSONO, |
-
|
SDN 1 KRAMATMULYA |
41
|
SAWINAH, |
-
|
SDN 1 KRAMATMULYA |
42
|
JUJU JUMIATI, A.Ma. |
-
|
SDN 1 KRAMATMULYA |
43
|
THOMAS BASMAN,BA. | 19600923 197912 2 005 | SDN 2 KRAMATMULYA |
44
|
WAWAN, S.Pd. | 19790823 200801 1 006 | SDN 2 KRAMATMULYA |
45
|
SATRIA, A.Ma. |
-
|
SDN 2 KRAMATMULYA |
46
|
DIDIN, A.Ma. |
-
|
SDN 2 KRAMATMULYA |
47
|
IYANAH HERNAYATI, A.Ma.Pd. |
-
|
SDN 2 KRAMATMULYA |
48
|
IMAM FUQOHA |
-
|
SDN 2 KRAMATMULYA |
- F. Sumber Dana dan Penggunaannya
- Sumber dan Alokasi Dana
Dana berasal dari blockgrant DBL Bermutu bagi kelompok
kerja guru, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)
yang dialokasikan pada DIPA LPMP Jawa Barat Tahun 2011.
- Komponen Pembiayaan
Dana blockgrant DBL Bermutu bagi kelompok kerja guru diperuntukkan membiayai komponen pengeluaran sebagai berikut :
Komponen
|
Kegiatan In Service
|
Kegiatan Pertemuan Rutin antara lain :
|
Kegiatan
F-KKG
|
|||
PTK
|
TIK
|
Observasi
|
Penyusunan Laporan
|
|||
Uang Harian | Nara Sumber | Nara Sumber | Nara Sumber | Fasilitator/Nara Sumber | Fasilitator/Nara Sumber |
−
|
Transportasi | Nara Sumber | Nara Sumber | Nara Sumber |
√
|
Fasilitator/Nara Sumber |
Peserta
|
Konsumsi |
√
|
Nara Sumber | Nara Sumber |
√
|
Fasilitator/Nara Sumber |
−
|
Akomodasi | Nara Sumber | Nara Sumber | Nara Sumber | Fasilitator/Nara Sumber | Fasilitator/Nara Sumber |
−
|
ATK |
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
−
|
Bahan |
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
−
|
Keterangan :
√ = nara sumber, fasilitator, dan peserta.
- = tidak diperkenankan
Besaran pengeluaran dana untuk setiap komponen pembiayaan disesuaikan
dengan ketentuan yang diatur dalam satuan biaya umum yang berlaku.
Dokumen SPJ penggunaan dana tersebut tertuang dalam lampiran laporan
ini.
- G. Pelaksanaan Pertemuan
Kegiatan dirancang dengan pola 16 kali pertemuan bagi Guru.
Pertemuan dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut :
- 1. Pertemuan 1
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang,
tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan. Kemudian peserta
diberi penjelasan tentang Penilaian Kinerja Guru (PKG) meliputi latar
belakang, konsep, dan prosedur PKG. pada kegiatan ini di pandu oleh
pemateri DCT Bapak Irsan Fajar, S.Pd. dari kabupaten sebagai DCT dibantu
oleh para pemandu KKG.
- 2. Pertemuan 2
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang,
tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan kedua tentang PK
Guru 2. Kemudian peserta diberi penjelasan tentang Penilaian Kinerja
Guru (PKG) meliputi konversi PK Guru, tugas dan tanggung jawab serta
penjaminan mutu melalui PK Guru. Berikutnya guru peserta di jelaskan
juga tentang Monitoring dan evaluaisi PK Guru di sekolah-masing. pada
kegiatan ini di pandu oleh pemateri DCT Bapak Irsan Fajar, S.Pd. dari
kabupaten sebagai DCT dibantu oleh para pemandu KKG.
- 3. Pertemuan 3
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang,
tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan ketiga yang
dilaksanakan pada tanggal 03 Desember 2011 tentang Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Kemudian peserta diberi penjelasan
tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) meliputi penjelasan
tentang latar belakang PKB, dasar hukum, tujuan dan manfaat PKB, serta
penjelasan tentang konsep dan implementasi PKB bagi setiap guru peserta.
pada kegiatan ini di pandu oleh para pemandu KKG.
- 4. Pertemuan 4
Pada pertemuan keempat ini di setelah pembukaan kemudian disampaikan
tujuan serta indikator yang harus dicapai pada kegiatan ini. Pada
pertemuan ini dibahas tentang Program induksi Guru Pemula (PIGP) yang
disampaikan oleh DCT dan pemandu KKG. Pada kesempatan ini dijelaskan
pengertian, dasar hukum, tujuan dan manfaat PIGP. Setelah istirahat
materi dilanjutkan dengan penjelasan tentang prinsip PIGP, hak dan
kewajiban Guru pemula dalam program pelaksanaan Program induksi ini.
- 5. Pertemuan 5
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang,
tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan kelima yang
dilaksanakan pada tanggal 07 Januari 2012 tentang Silabus dan RPP. Pada
pertemuan ini dijelaskan teknik pengembangan silabus dan rancangan
penilaian hasil belajar di kelas. Setelah istirahat para peserta diberi
penjelasan tentang tekhnik pengembangan RPP berkarakter, materi ini
disampaikan oleh Pengawas TK/SD bapak Drs.Suratman dibantu dengan para
pemandu gugus.
- 6. Pertemuan 6
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang,
tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan keenam yang
dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2012. Pemandu mengenalkan
bagian-bagian komputer, kemudian mempraktekan operasi dasar komputer,
setelah guru peserta memahami operasi dasar komputer guru peserta
berlatih membuat naskah dengan microsoft word, daftar dan tabel, setelah
selesai pertemuan guru peserta ditugaskan membuat RPP dengan MS. Word
di sekolahnya masing-masing.
- 7. Pertemuan 7
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang,
tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan keenam yang
dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2012. Pemandu membimbing dan
mengarahkan guru peserta berlatih membuat lembar kerja dengan microsoft
excel, daftar rumus, setelah selesai istirahat dilanjutkan dengan
berlatih membuat slide presentasi, setelah dianggap cukup guru peserta
dikenalkan dengan penggunaan mesin pencari kemudian guru peserta mencoba
berkomunikasi dengan yahoo mail. Setelah pertemuan guru peserta
ditugaskan mengirimkan tugas tagihan masing-masing ke alamat e mail KKG.
- 8. Pertemuan 8
Pada pertemuan ini pengurus dan pemandu menjelaskan persiapan
kegiatan open class yang dilaksanakan di SDN 2 Geresik pada tanggal 19
Januari 2012 yang di ikuti seluruh guru peserta dan kepala sekolah.
Setelah penjelasan selesai guru model melakukan KBM di kelas di
observasi oleh para guru peserta, setelah selesai KBM guru peserta
melakukan evaluasi terhadap KBM yang telah dilakukan. Terakhir pengurus
dan pemandu membuat laporan hasil observasi.
- 9. Pertemuan 9
Pertemuan ini dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2012, Setelah
dijelaskan maksud dan tujuan pada kegiatan ini, pemateri menyampaikan
materi tentang lesson study, di awali dengan menjelaskan Perencanaan
(Plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Setelah penjelasan guru
peserta dilatih tentang pelaksanaan Lesson study. Setelah pertemuan
selesai pemandu menyampaikan tugas untuk dilaksanakan di sekolahnya
masing-masing.
- 10. Pertemuan 10
Pada pertemuan ke 10 disampaikan materi tentang Analisis Butir Soal
oleh DCT Kabupaten Kuningan Bapak Kusnadi, S.Pd. MM.Pd. setelah
disampaikan tujuan dan manfaat pada kegiatan ini dilanjutkan dengan
penyampaian materi. Diawali dengan pengertian, ruang lingkup serta
kegunaan analisis butir soal, guru peserta dilatih membuat soal dan
menganalisa soal- soal. Setelah berlatih membuat soal pemateri
menyampaikan analisis spesifikasi dan karakteristik tes. Di akhir
kegiatan guru peserta ditugaskan untuk menganalisis soal-soal ulangan
harian di sekolahnya masing-masing.
- 11. Pertemuan 11
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang,
tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan kesebelas yang
dilaksanakan pada tanggal 31 Pebruari 2012. Pemateri menjelaskan
pengertian, tujuan dan manfaat kajian kritis. Setelah istirahat pemateri
melatih guru peserta untuk berlatih menulis. Di akhir pertemuan pemandu
mengarahkan guru peserta untuk membuat kajian kritis, karya tulis
ilmiah, dan makalah.
- 12. Pertemuan 12
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang,
tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan kedua belas yang
dilaksanakan pada tanggal 09 Pebruari 2012. Pemateri menjelaskan
pengertian, tujuan dan manfaat PTK 1 tentang perencanaan. Setelah
istirahat pemateri melatih guru peserta untuk menyusun dan menetapkan
istrumen untuk pengumpulan data. Di akhir pertemuan pemandu mengarahkan
guru peserta untuk mengumpulkan data.
- 13. Pertemuan 13
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang,
tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan ketiga belas yang
dilaksanakan pada tanggal 11 Pebruari 2012. Pemateri menjelaskan
pengertian, tujuan dan manfaat PTK 2 Pelaksanaan. Setelah istirahat
pemateri melatih guru peserta untuk berlatih observasi dan melakukan
open class. Di akhir pertemuan pemandu mengarahkan guru peserta untuk
melaporkan hasil kegiatan open class.
- 14. Pertemuan 14
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang,
tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan keempat belas yang
dilaksanakan pada tanggal 18 Pebruari 2012. Pemateri menjelaskan
pengertian, tujuan dan manfaat PTK 3 Pelaporan. Setelah istirahat
pemateri melatih guru peserta untuk berlatih menuliskan hasil penelitian
sesuai dengan sistematika dan komponen-komponen laporan PTK. Di akhir
pertemuan pemandu mengarahkan guru peserta untuk melaporkan hasil
penelitian.
- 15. Pertemuan 15
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang,
tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan kelima belas yang
dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2012. Pemateri menjelaskan
pengertian, tujuan dan manfaat Pelaporan PTK. Setelah istirahat
pemateri melatih guru peserta untuk berlatih menuliskan hasil laporan
penelitian sesuai dengan sistematika dan komponen-komponen laporan
PTK. Di akhir pertemuan pemandu mengarahkan guru peserta untuk
melaporkan hasil penelitian.
- 16. Pertemuan 16
Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang,
tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan kelima belas yang
dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2012. Pemateri dari LPMP menjelaskan
pengertian, tujuan dan manfaat Pelaporan KKG Bermutu.
- H. Metode Pelatihan
Metode yang digunakan dala pertemuan ini adalah metode bagi orang
dewasa (andragogi), yaitu ceramah, tanya jawab, praktik, permainan,
penugasan kelompok, dan kerja mandiri. Dengan cara ini diharapkan
peserta mampu memahami seluruh materi yang disajikan dalam kegiatan ini.
- I. Masalah dan Pemecahannya
No.
|
Masalah
|
Upaya Pemecahan Masalah
|
1 | Kurang tercapainya target penguasaan ICT di KKG | Di adakan pelatihan extra di luar waktu kegiatan KKG |
BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN
- A. Hasil Pelaksaan Kegiatan
Setelah 16 kali pertemuan dilaksanakan dengan materi pokok
kebijakan, materi Penilaian Kinerja Guru , materi Penilaian
Kinerja Guru , materi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
(PKB), materi Program indukasi Guru Pemula (PIGP), materi
Silabus dan RPP,materi Information Comunication Tekhnology (ICT
1),materi Information Comunication Tekhnology (ICT 1),materi
Observasi Kelas,materi Lesson Study,materi Penyusunan kisi-kisi soal dan
bank soal,materi Kajian kritis, materi PTK 1 Perencanaan,materi PTK 2
Pelaksanaan tindakan,materi PTK 3 Laporan,materi Penyusunan Laporan,
materi Penyusunan Laporan.
- Peserta yang hadir dari pertemuan 1 s.d pertemuan 16 sebanyak 80 %, terdiri atas :
No.
|
Peserta
|
∑ Seharusnya Hadir
|
∑ Hadir
|
%
|
Tidak hadir karena
|
||
s
|
I
|
a
|
|||||
1
|
Guru |
48
|
|||||
2
|
Kepala Sekolah |
9
|
|||||
3
|
Pengawas |
8
|
|||||
Jumlah
|
65
|
BAB IV
RANGKUMAN HASIL EVALUASI MANDIRI
A. Deskripsi Sebelum dilaksanakan Program bermutu
Sebelum pelaksanaan program bermutu secara umum guru-guru di wilayah
gugus IV Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang kurang memahami prosedur
penelitian tindakan kelas, hal ini dibuktikan dengan hasil peneltian
awal kami bahwa 40 % guru diwilayah KKG Gugus IV Ciawigebang Kecamatan
Ciawigebang belum dapat menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Bahkan untuk
mengidentifikasi masalah-masalah yang dialami guru dalam proses
pembelajaran saja guru-guru di wilayah Gugus IV Ciawigebang Kecamatan
Ciawigebang masih merasa kesulitan.
Berdasarkan data evaluasi awal didapatkan informasi bahwa selama ini
guru-guru enggan untuk memanfaatkan komputer dalam melaksanakan tugasnya
meskipun di sekolah sudah ada perangkat komputer, hal ini disebabkan
karena mereka tidak bisa mengoperasikan komputer dan ada perasaan takut
apabila komputer digunakan akan rusak.
Minat guru untuk mencari dan membaca artikel-artikel yang berkaitan
dengan pembelajaran sangat kurang sehingga buku-buku tentang
pembelajaran di sekolah hampir tidak tersentuh.
B. Evaluasi Mandiri setelah Pelaksanaan Program BERMUTU
Setelah dilaksanakannya program bermutu, guru-guru diwilayah Gugus IV
Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang merasa termotivasi untuk memperbaiki
pembelajarannya dengan penelitian tindak kelas (PTK). Kegiatan mereka
diawali dengan menulis case study sebagai pijakan awal dalam
mengidentifikasi masalah pembelajaran. Menurut beberapa Kepala sekolah
motivasi guru-guru utamanya sasaran program BERMUTU untuk dapat
meningkatkan kualitas pembelajarannya sangat tinggi. Bahkan pengawas
TK/SD juga dapat menilai perkembangan kreativitas dan pola berpikir
guru-guru dengan adanya program BERMUTU.
Di sekolah-sekolah wilayah Gugus IV Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang
ada upaya mengubah model pembelajarannya dari konvensional menjadi
PAIKEM. Paradigm pembelajaran behavioristik mulai ditinggalkan,
guru-guru mulai melaksanakan pembelajaran yang kontruktivisme. Ini
disebabkan karena pengetahuan dan pemahaman mereka tentang metode-metode
pembelajaran yang terus bertambah dengan adanya program BERMUTU.
Dengan dikenalkannya ICT dan melalui beberapa latihan mengoperasikan
komputer terdapat perubahan yang cukup signifikan, guru-guru yang
sebelumnya takut dan enggan menggunakan komputer mulai ada kemauan dan
keberanian untuk mengoperasikan komputer. Mereka terlihat mengerjakan
tugas-tugas dalam program BERMUTU dengan mengetik sendiri. Meskipun
hasil kerjanya tampak belum baik misalnya penataan paragraph dan spasi,
namun hal ini merupakan perkembangan yang positif dalam pemanfaatan
komputer.
Buku-buku tentang pembelajaran yang sebelumnya hanya tersimpan mulai
diminati dan dibaca oleh guru, hal ini terkait dengan tugas mencari
model-model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas.
Secara umum hasil yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap
peningkatan kompetensi guru dengan adanya program BERMUTU menyatakan
bahwa program BERMUTU dapat meningkatkan motivasi dan kompetensi guru
dalam melaksanakan pembelajaran.
BAB V
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
- A. KESIMPULAN
Dengan digulirkannya Dana Bantuan Langsung (DBL) Program BERMUTU,
Kelompok Kerja Guru Semakin Jelas, terarah, terprogram, serta dapat
meningkatkan kompetensi guru, baik kompetensi pedagogic, kompetensi
professional, kompetensi social, maupun kompetensi kepribadian bagi
anggota KKG Gugus IV Ciawigebang pada khususnya serta kepada guru-guru
yang lain sebagai imbasnya.
Program BERMUTU dapat menigkatkan kualitas guru di KKG Gugus IV
Ciawigebang karena dengan kegiatan ini pengetahuan dan wawasan guru
meningkat secara signifikan dan menghasilkan efek positif pada
peningkatan kualitas pembelajaran. Peningkatan Kualitas pembelajaran ini
otomatis dapat meningkatan mutu hasil belajar pada khususnya dan mutu
pendidikan pada umumnya. Selain itu program BERMUTU ini dapat
mempercepat proses kualifikasi akademik bagi guru yang belum
berkualifikasi S.1 dengan mengajukan portofolio guru melalui program
PPKHB.
- B. REKOMENDASI
Kegiatan Program Bermutu pada masa yang akan datang atau tahap
berikutnya sebaiknya ada peningkatan pada sisi persiapan, baik dari
sumber daya manusianya maupun fasilitas pendukungnya.
Kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuningan untuk
berkoordinasi dengan LPMP Jawa Barat dalam pengadaan Bahan Belajar
Mandiri (BBM) yang dipandang sangat dibutuhkan bagi peserta KKG, dan
hendaknya untuk tahun ketiga BBM tersebut sudah tersedia dan lengkap
sebelum pelaksanaan program agar peserta KKG mempunyai panduan belajar
yang relevan serta jumlahnya memenuhi rasio standar, juga pencairan dan
DBL agar dikucurkan sesuai dengan waktu yang direncanakan agar kegiatan
dapat dilaksanakan sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh KKG
masing-masing.
Komentar